Mantan Wakapolda Banten Terpilih Jadi Ketua KPK

Jakarta (13/9/2019) Satubanten.com – Inspektur Jenderal Pol Firli Bahuri terpilih menjadi satu dari lima pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023 yang dipilih Komisi III DPR. Tak hanya itu, Firli juga dipilih menjadi ketua lembaga antikorupsi itu.

Karier Firli dihabiskan pada Korps Bhayangkara. Sejumlah jabatan pernah ia emban selama mengabdi di Polri, di antaranya menjabat Wakapolda Banten tahun 2014. Sebelum mengikuti seleksi Capim KPK, Firli menjabat sebagai Kapolda Sumatera Selatan. Pria kelahiran Lontar, Muara Jaya, Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan itu menjadi orang nomor satu di Polda Sumatera Selatan sejak 20 Juni 2019.

Firli juga pernah menjabat sebagai Deputi Penindakan KPK pada 2018. Namanya dalam beberapa waktu terakhir menjadi yang paling disorot karena dianggap sarat kepentingan ketika mengikuti seleksi Capim KPK.

Berdasarkan hasil rekapitulasi, lima nama yang terpilih dengan suara terbanyak dan dianggap layak memimpin KPK oleh Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI adalah Firli Bahuri dengan perolehan suara terbanyak yaitu 56 suara. Perolehan suara terbanyak kedua jatuh kepada Alexander Marwata dengan total 53 suara. Nurul Ghufron berada di peringkat ketiga dengan mengantongi 51 suara. Kemudian Nawawi Pomolango mengantongi 50 suara dan Lili Pintauli Siregar memperoleh 44 suara. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...