Aspirasi Rakyat dan Terpercaya

Manfaat Rebusan Daun Sirih

Serang, Satu Banten – Berbagai penelitian di bagian farmasi mengatakan daun sirih memang memiliki efek yang baik karena memiliki kandungan antiseptic di dalamnya.

Ada banyak manfaat dari meminum air rebusan daun sirih. Berbagai manfaat air rebusan daun sirih dipercaya bisa mengatasi beberapa masalah pada kesehatan.

Adapun daun sirih adalah tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90 persen daun sirih itu terdiri dari air sehingga daun sirih rendah lemak dan kalori.
Selain itu, daun sirih juga memiliki kemampuan membunuh bakteri dan jamur serta memiliki peran sebagai antioksidan.

Nah bagi Anda yang ingin mengetahui manfaat dari meminum air rebusan daun sirih, berikut ini kami berikan informasinya :

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan
Manfaat air rebusan daun sirih juga dipercaya mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Caranya, minumlah air rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan ini membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan.
Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.

2. Mengobati Asam Urat
Penyakit asam urat adalah penyakit yang menyebabkan seseorang merasakan nyeri di sendi saat menggerakkan berbagai bagian tubuh. Anda dapat memanfaatkan minum daun sirih, dan manfaat kapur sirih secara rutin untuk membantu Anda mengobati penyakit asam urat tersebut. Oleh sebab itu, jagalah kesehatan sendi anda dengan mengonsumsi air rebusan daun sirih.

3. Mengatasi Keputihan
Keputihan yang mengganggu adalah permasalahan pada organ intim wanita yang mengeluarkan cairan putih. Anda dapat menghilangkan cairan putih ini dengan bantuan dari minum air rebusan daun sirih secara rutin.

4. Menurunkan Depresi
Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa khasiat daun sirih juga berguna untuk mengendalikan gejala depresi. Saat Anda mengunyah atau meminum air rebusan daun sirih, hal itu bisa membuat otak untuk memproduksi banyak hormon serotonin yang membuat Anda lebih bahagia.

5. Meredakan Batuk
Salah satu khasiat daun sirih yang hingga kini masih dipercaya adalah kemampuannya mengatasi batuk. Adapun air rebusan daun sirih mampu mengatasi batuk, karena mengandung Vitamin B, C serta alkaloid untuk mengatasi peradangan penyebab batuk. Siapkan 5 lembar daun sirih, kemudian rebus dengan 300 ml air selama 15-20 menit. Minumlah air rebusan daun sirih itu satu kali sehari.

6. Mengobati Penyakit Jantung
Jantung adalah organ yang penting untuk menjaga keseimbangan sistem dalam tubuh. Jika organ jantung tidak terjaga kesehatannya, maka Anda akan mengalami banyak masalah kesehatan. Untuk itu dibutuhkan manfaat minum air rebusan daun sirih setiap hari untuk mengobati berbagai penyakit jantung ini.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan
Manfaat daun sirih akan bisa Anda rasakan apabila Anda rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih. Efek positifnya, sistem metabolisme dalam tubuh meningkat.
Tak hanya itu, khasiat air rebusan daun sirih lainnya juga akan membuat sekresi pencernaan ikut meningkat sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari tubuh. Sedangkan serat dari daun sirih membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sekaligus mengatasi sembelit. Hal ini tentu akan membuat berat badan semakin mudah turun.

8. Mengobati Sakit Asma
Penyakit asthma adalah gangguan pernafasan yang muncul berupa sesak serta sulit bernafas. Anda dapat mengobati asthma dengan manfaat sirih hijau yang kambuh dengan memanfaatkan minum air rebusan daun sirih setiap hari dengan rutin.

Nah, semoga saja informasi ini bermanfaat untuk Anda ya.

(Diolah dari berbagai sumber/SBS)

You might also like
Comments
Loading...