Manfaat Kelapa Bakar Bagi Tubuh

Serang, Satubanten.com – Khasiat kelapa bakar untuk kesehatan dan pengobatan beragam penyakit mulai banyak dibahas mengingat mulai menjamurnya para pedagang kelapa bakar di sejumlah daerah di Indonesia. Minum es kelapa muda bisa dibilang hal yang biasa. Kala dahaga melanda, es kelapa muda dalam bentuk degan ataupun dengan campuran gula aren menjadi pilihan pelepas dahaga.

Namun, bagaimana kala cuaca dingin melanda? Apakah ada kelapa muda yang bisa menjadi solusi? Ternyata kelapa tidak hanya bisa menemani kala cuaca panas, cuaca dingin pun bisa menjadi pilihan yang tepat. Nah, kelapa bakar bisa menjadi pilihan untuk menghadapi cuaca hujan dan dingin.

Pamornya memang tidak seterkenal kelapa muda biasa, karena memang jarang ada yang menjualnya. Namun, konon kelapa muda bakar ini diyakini mengandung khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti kolesterol tinggi, darah tinggi, kencing batu, ginjal, obat masuk angin, pegal-pegal, sesak napas, menetralkan racun pestisida, hingga penambah stamina.

Berikut 4 manfaat dan khasiat kelapa bakar untuk kesehatan, cegah dehidrasi dan menyegarkan tubuh

1. Cegah Dehidrasi Manfaat minum kelapa hangat denga cara dibakar tentunya mencegah tubuh mengalami dehidrasi. Sudah menjadi rahasia umum bahwa air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh. Selain itu, kelapa muda juga memiliki kandungan elektrolit yang tinggi yang dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh kita pada saat kita beraktivitas. Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

2. Menambah Energi Tubuh Manfaat kelapa bakar yang berikutnya adalah menambah energi tubuh. Banyak orang yang sedang melakukan aktivitas tinggi yang memerlukan tenaga ekstra seperti berolahraga, meminum minuman berenergi untuk menambah energi tubuh. Namun perlu kamu ketahui bahwa minuman berenergi kemasan yang diminum terus-menerus akan membahayakan bagi tubuh. Untuk menggantinya, kita bisa meminum kelapa bakar sebagai minuman penambah energi. Agar mempunyai rasa enak dapat ditambahkan madu agar khasiatnya bertambah dan menambah cita rasa.

3. Menghangatkan Tubuh Manfaat kelapa bakar lainnya yang paling banyak dirasakan bagi mereka yang sudah mencobanya adalah dapat menghangatkan tubuh. Terlebih tambahan campuran jahe atau sere bisa jadi alternatif pilihan kamu untuk menghangatkan tubuh. Sangat cocok diminum saat musim hujan tiba.

4. Meningkatkan Imun dan Daya Tahan Tubuh Empon-empon sangat populer belakangan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di tengah pandemi Covid-19. Nah, kelapa bakar juga bisa berfungsi sebagai empon-empon dengan menambahkan campuran jahe merah, jahe, serai atau rempah-rempah lainnya. Itulah beragam khasiat dan cara mengolah kelapa bakar. Selain nikmat, tentunya banyak khasiat untuk tubuh dan pencegahan penyakit.(SBS/MHS)

You might also like
Comments
Loading...