Manfaat Kayu Manis Bagi Kesehatan

Satubanten.com – Sebagai penyedap rasa pilihan, Kayu Manis merupakan salah satu rempah yang sering digunakan dalam berbagai masakan. Bukan hanya menu masakan utama, kayu manis juga tidak jarang dicampurkan ke dalam adonan kue untuk menambah aroma harum dan sedap. Bahkan tidak jarang batang atau bubuk kayu manis dibuat menjadi minuman herbal yang dapat menghangatkan tubuh.

Beberapa kandungan yang terdapat dalam kulit batang kayu manis bahkan mampu mengobati berbagai penyakit. Mulai dari penyakit ringan hingga kronis. Bukan hanya itu, kandungan antioksidan yang tinggi dalam kayu manis juga sangat berguna untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan beragam manfaat ini, khasiat kayu manis dapat menghindarkan tubuh dari serangan berbagai bakteri, kuman dan virus penyebab penyakit. Berikut beberapa manfaat rebusan kayu manis yang perlu Anda ketahui.

Meringankan Berbagai Gejala Menstruasi
Manfaat rebusan kayu manis yang pertama adalah mampu meringankan gejala menstruasi. Pada kaum wanita menjelang masuknya periode menstruasi selalu timbul berbagai gejala yang menjadi tanda akan terjadi peluruhan dinding rahim. Gejala ini disebut dengan PMS atau Sindrom Pramenstruasi.

Gejala yang timbul dari setiap wanita bisa berbeda-beda. Mulai dari nyeri perut bagian bawah, nyeri pinggang, mual, muntah bahkan sebagian orang bisa terjadi pingsan. Munculnya gejala ini dapat diminimalisir dengan mengonsumsi rebusan kayu manis yang dicampur dengan teh.

Melawan Bakteri dan Jamur
Kandungan antibakteri dan antijamur pada kayu manis mempunyai berbagai manfaat untuk tubuh. Hal yang paling utama, kandungan antibakteri dan antijamur dapat mencegah berbagai infeksi penyakit yang disebabkan oleh bakteri maupun jamur. Seperti bakteri Ecoli, Salmonella, atau Staphylococcus.

Bukan hanya itu, sifat antibakteri dan antijamur juga bermanfaat untuk mengurangi bau mulut, mencegah kerusakan gigi hingga mempercepat proses penyembuhan luka.

Baik untuk Kesehatan Jantung
Manfaat rebusan kayu manis jika dikonsumsi sangan berguna untuk kesehatan jantung. Hal ini tidak lain karena senyawa yang terdapat dalam kayu manis mampu mengurangi tekanan darah, serta kadar trigliserida dan kolesterol buruk.

Dalam waktu yang bersamaan, kandungan rebusan kayu manis dapat meningkatkan kadar kolesterol baik yang berfungsi untuk mengoptimalkan kesehatan jantung.

Bagus untuk Kesehatan Otak
Mengonsumsi rebusan kayu manis ternyata juga dapat membantu menjaga kesehatan dan fungsi otak dengan baik. Manfaat rebusan kayu manis yang satu ini membantu melindungi neuron, meningkatkan neotransmitter yang dinormalisasi dan meningkatkan fungsi motorik.

Manfaat ini juga dapat mencegah penyakit degeneratif seperti Parkinson dan Alzheimer yang ditandai dengan hilangnya struktur dan fungsi sel-sel otak secara bertahap.

Menurunkan Gula Darah
Sifat antidiabetik yang dimiliki kayu manis sangat efektif dalam menurunkan gula darah dalam tubuh. Kayu manis ini dapat bekerja selayaknya insulin, yaitu hormon yang bertugas untuk mengeluarkan gula dari aliran darah.

Bahkan kayu manis juga berguna untuk membantu memperlambat penguraian karbohidrat di usus, juga mencegah meningkatnya kadar gula darah setelah makan.

Mendukung Penurunan Berat Badan
Kabar baik bagi orang-orang yang sedang menjalani program diet, bahwa rebusan kayu manis dapat dijadikan minuman untuk menurunkan berat badan. Manfaat rebusan kayu manis yang satu ini memang diyakini dapat membantu dalam penurunan lemak dan pengurangan lingkar pinggang.

Bahkan kayu manis juga bisa membantu mengurangi respon negatif terhadap makanan berlemak tinggi yang dapat menyebabkan naiknya berat badan. Bagi Anda yang tertarik dengan khasiat ini, Anda bisa mulai membuatnya sendiri di rumah.

Mencegah Penuaan Dini
Fakta menarik lainnya ternyata manfaat rebusan kayu manis dapat berguna untuk mencegah penuaan dini. Kandungan yang terdapat dalam kayu manis dapat meningkatkan kolagen, elastisitas dan hidrasi pada kulit. Hal ini pun secara tidak langsung dapat mencegah terjadinya kerutan-kerutan halus pada wajah dan penggelapan kantung mata.

Bukan hanya itu, sifat antibakteri yang terdapat pada kayu manis juga dapat melindungi kulit dari bakteri atau kuman penyebab jerawat. Bagi Anda yang ingin mendapatkan khasiat kecantikan ini, tidak ada salahnya mencoba ramuan herbal yang dibuat dari kayu manis.

Melindungi Tubuh dari Bahaya Radikal Bebas
Manfaat rebusan kayu manis berikutnya adalah dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Hal ini tidak lain karena kandungan antioksidan yang banyak terdapat dalam kulit batang kayu beraroma harum ini.

Jenis kandungan yang satu ini sangat berguna untuk melawan oksidasi dalam tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas. Jika radikal bebas dibiarkan saja masuk ke dalam tubuh, maka tubuh menjadi rentan terkena berbagai macam penyakit. Mulai dari diabetes, jantung hingga kanker.

Memperkuat Kekebalan Tubuh
Sifat anti-inflamasi yang terdapat pada kayu manis juga bekerja secara efektif untuk memperkuat kekebalan tubuh. Sifat antiperadangan ini dapat membantu tubuh melawan infeksi dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Dengan begitu, tubuh menjadi lebih kuat dan tidak mudah terserang berbagai ancaman penyakit. Ini merupakan salah satu manfaat rebusan kayu manis yang bisa Anda dapatkan jika dilakukan secara rutin.

Anti-kanker
Lagi-lagi sifat antioksidan yang terdapat dalam kayu manis memberikan manfaat lain yang tidak kalah menakjubkan. Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis dapat membantu tubuh membunuh jenis sel kanker tertentu, termasuk sel kanker kulit.

Khasiat ini bisa Anda dapatkan melalui konsumsi rebusan kayu manis secara rutin. Manfaat rebusan kayu manis yang satu ini bisa menjadi rekomendasi bagi Anda untuk hidup sehat bebas dari risiko penyakit kanker.

(Berbagai Sumber/SBS)

You might also like
Comments
Loading...