Manfaat Gula Merah Dan Asam Jawa Untuk Tenggorokan Gatal

Satubanten.com- (04/07/2021)- Ketika mengalami masalah kesehatan, memang sebaiknya diusahakan pengobatan secara alamiah dahulu sebelum akhirnya meminum obat dari dokter.

Karena obat dari dokter kebanyakan berasal dari bahan kimia, yang bila tidak terkontrol akan mengakibatkan memburuknya kesehatan.

Dalam sayuran dan bumbu tersimpan berbagai macam senyawa penting yang baik untuk kesehatan kita.

Mereka berperan untuk meningkatkan kesehatan dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Dari banyaknya jenis sayuran dan bumbu, asam jawa memiliki manfaatnya tersendiri. Seperti mengobati bisul atau nyeri haid.

Daging buah asam jawa kadang diolah supaya awet (asam kawak). Buahnya mengandung asam tatrat, asam malat, asam nitrat, dan asam aseta, yang dapat memperlancar buang air besar.

Selain itu, ia juga dapat memperlancar peredaran darah. Daun muda asam jawa juga berkhasiat merangsang selaput lendir dinding tenggorokan dan usus. Alhasil, tenggorokan gatal menjadi lebih baik.

Berikut ini diambil dari Majalah Intisari edisi Extra, manfaat lainnya dari asam jawa, yang biasanya dimasak bersama dengan gula merah:

Bisul

Asam jawa jugaa bisa kita gunakan untuk mengobati bisul. Caranya asam kawak sebesar telur puyuh direndam dalam segelas air hingga mengembang.

Lalu irislah lima temulawak dan gula aren yang telah dicuci. Kemudian, rebuslah hingga air tinggal setengah. Nah, kita bisa meminum ramuan ini sehari sekali sampai sembuh.

Nyeri haid

Bagi Anda yang sering merasa nyeri saat haid, bisa memanfaatkan gula jawa untuk meredakannya.

Caranya juga cukup mudah. Irislah 10 temulawak yang telah dicuci, gula aren, dan rebus dengan segelas air sampai tinggal setengah.

Setelah itu, tambahlah asam kawak sebesar telur puyuh dan aduk sampai mengembang.

Sesudah mengembang kita bisa menyaringnya. Kita bisa meminum ini satu kali sehari selama seminggu sebelum haid.

Sariawan

Untuk mengobati seriawan kita bisa menggunakan daun asam muda untuk mengobatinya.

Caranya satu cangkir daun asam muda dan 5 cm kunyit dicuci bersih. Lalu irislah kunyit itu.

Kemudian rebuslah dengan empat gelas air sampai tinggal setengah dan saringlah. Kita bisa meminumnya pada pagi dan sore hari.

Untuk hasil terbaik kita bisa mengulanginya selama beberapa hari.(Sbs11)

You might also like
Comments
Loading...