Manfaat Dan Persiapan Presentasi Bisnis

949

 

Oleh : 1. Dina Fauziah/ 2. /Vina Januanisa / Prodi Akuntansi S1 Universitas Pamulang

Satubanten.com- Pengertian dari Presentasi bisnis adalah penyampaian informasi mengenai kegiatan bisnis termasuk pengembangan produk, perluasan pasar, pengajuan usul proyek baru dan sebagainya kepada
audiens yang hadir dalam suatu forum bisnis.

Presentasi memiliki peran yang sangat penting dalam bisnis, dengan adanya presentasi, sebuah informasi produk barang ataupun jasa akan lebih dikenal dan memberikan keuntungan tersendiri bagi perusahaan dalam penjualan sebuah produk atau jasa.

Adapun manfaat presentasi dalam bisnis, yaitu

a. Efisiensi
Presentasi dapat menghemat waktu dalam jangka panjang. Mengirim catatan, laporan atau pesan berarti menunggu respons yang dapat memakan waktu. Bahkan ada yang tidak di respons. Jadi, dalam presentasi bisnis ini dapat menghemat waktu karena penyampaian informasi dilakukan secara lisan dan dapat menunggu jawaban atau respons secara langsung.

b. Efektivitas
Moderator dalam berkomunikasi di depan audiens dapat menguasai materi dan respons linguistik dan tujuan serta poin poin utama yang akan di paparkan atau menyampaikan di depan audiens dapat optimal, diantaranya adalah penggunaan bahasa, kejelasan suara, kecepatan berbicara, variasi suara dan jeda serta melakukan gerakan bahasa tubuh atau ekspresi wajah, kontak mata dan gerakan tangan. Dengan audiens memperhatikan pembicara, keberhasilan usaha dapat diukur dari presentasi tersebut.

c. Dampak
Media suara ataupun media layar dapat menawarkan kesempatan untuk memberikan tekanan dikarenakan untuk mempengaruhi audiens. Saran tertulis yang sering kali di abaikan , namun presentasi sekaligus membuat pesan yang moderator sampaikan menjadi pesan yang kuat dan orang lain mudah tertarik dengan melalui berkomunikasi menggunakan kata- kata dan persepsi.

Persiapan dalam melakukan Presentasi Bisnis

Presentasi bisnis harus dilakukan dengan persiapan yang matang agar tujuan presentasi dapat tercapai. Persiapan yang diperlukan untuk presentasi bisnis mencakup beberapa hal yaitu sebagai berikut:

a. Penguasaan terhadap topik atau materi yang akan dipresentasikan
Salah satu syarat penting dalam suatu presentasi adalah penguasaan terhadap materi. Apabila seorang pembicara kurang dapat menguasai materi yang akan dipresentasikan akan menghambat penyampaian informasi atau pesan terhadap audiens dan akan memberikan citra kurang baik bagi pembicara.

b. Penguasaan berbagai alat bantu presentasiAlat bantu presentasi yang digunakan oleh pembicara menentukan keberhasilan presentasi yang dilakukan. Dengan memanfaatkan berbagai alat bantu akan dapat mencapai tujuan presentasi bisnis yang telah ditetapkan.
c. Menganalisis audiens Seorang pembicara perlu mengenal siapa sebenarnya yang menjadi audiens. Untuk mengenal audiensnya pembicara perlu melakukan analisis yang berkaitan dengan kepada siapa seseorang itu berbicara. Dengan mengenal audiens pembicara akan semakin mudah dalam melakukan presentasi.
d. Menganalisis berbagai lingkungan lokasi atau tempat untuk presentasi Pemahaman terhadap lingkungan atau suasana lokasi presentasi bisnis akan memberi kemudahan kepada pembicara dalam mengatur alat bantu presentasi yang sesuai dengan suasana lokasi tersebut.

Alat bantu presentasi bisnis

Dalam melakukan presentasi bisnis diperlukan alat untuk membantu kelangsungan presentasi. Alat bantu presentasi bisnis, antara lain:

1. Papan tulis hitam dan putih
Papan tulis hitam dan putih masih banyak dimanfaatkan dalam sebuah presentasi bisnis, rapat perusahaan, lokakarya, diskusi atau kegiatan-kegiatan lainnya.
2. Flip charts
Flip charts merupakan sebuah papan yang dilengkapi dengan lembaran-lembaran kertas yang berukuran besar. Apabila kertas pertama penuh , pembicara dapat membuka lembar berikutnya yang masih kosong.
3. Transparansi overhead projectorOverhead transparency (OHT) merupakan sarana visual berupa huruf, lambang, gambar,grafis, maupun gabungan yang dibuat pada bahan tembus pandang atau transparan untuk diproyeksikan pada sebuah layar atau dinding dengan menggunakan alat yang disebut overhead projector (OHP).
4. Papan tulis elektronik
Papan tulis elektronik merupakan sebuah alat teknologi berupa papan eletronik yang menyerupai papan tulis umum yang biasanya terdapat dikantor , konferensi, dan ruang pelatihan. Papan tulis elektronik memiliki motor listrik untuk menggulung layar sehingga muncul bagian bersih yang baru dan seterusnya. Selain itu papan tulis elektronik dapat mengubah serta memodofikasi suatu gambar ataupun teks.

5. Laptop
Laptop sebagai salah satu barang yang sangat penting dalam presentasi bisnis yang sifatnya portable ukurannya yang kecil menjadikannya diminati oleh banyak orang. Apalagi dalam sebuah presentasi bisnis, laptop sangat diperlukan karena dapat menampung data dan mudah dibawa kemana-mana.
6. Proyektor LCD
Proyektor merupakan suatu alat yang sering digunakan untuk memproyeksikan, menghadirkan, atau menampilkan gambar sehingga lebih besar. Tidak hanya menampilkan tetapi juga dapat menayangkan gambar bergerak atau video. Proyektor LCD dapat berfungsi dengan baik ketika dihubungkan dengan laptop. (Sbs)

Comments are closed.