Mall Pelayanan Publik Tangsel Segera Diresmikan

Serpong, Satubanten.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) resmi meluncurkan mall pelayanan publik. Gedung berlantai delapan yang terletak di samping lapangan sepakbola Cilenggang, Kecamatan Serpong, itu akan ditempati oleh 15 instansi vertikal yang sudah terkonfirmasi dengan 142 jenis pelayanan.

“Sebelum ibu wali kota purna bakti, gedung mall pelayanan publik ini sudah mulai dioperasikan,” ungkap Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Bambang Noertjahyo di lokasi, Jumat (27/11/2020).

Diketahui, Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany dan Wakil Wali Kota Benyamin Davnie purna tugas periode kedua kepemimpinannya pada 22 April 2021 mendatang.

Di lokasi sama, Wali Kota Tangsel Airin menyatakan, pengadaan mebeuler untuk gedung mall pelayanan publik ditunda karena kebijakan refocusing anggaran akibat pandemi Covid-19. Tujuan mendasar dibangun gedung ini untuk kemudahan bagi masyarakat maupun para pemangku kepentingan yang membutuhkan pelayanan satu pintu.

“Model pelayanan yang cepat, efektif dan efisien sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat yang cerdas dan modern seperti zaman sekarang ini,” kata Airin.

Bambang menjelaskan, Lantai 1 akan diisi untuk gerai perizinan Kota Tangsel. Seperti DPMPTSP, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Badan Pendapatan Daerah, perbankan. Konsep dari layanan perizinan dan mall pelayanan publik menggunakan konsep modern dan smart office.

“Jadi ini adalah cita-cita ibu wali kota yang menginginkan di Kota Tangerang Selatan memiliki satu layanan perizinan terpadu,” jelasnya.

Kemudian pada lantai 2 seperti sudah terkonfirmasi untuk loket pelayanan Badan Pertanahan Nasional, Polres Tangsel, Perusahaan Listrik Negara, Samsat, Kantor Pos, KPP Pratama dan lain sebagainya.

“Misalkan dari kejaksaan akan memberikan layanan bantuan hukum, PLN pasang sambungan atau tambah daya listrik,” papar Bambang.

Lantai 3 akan difungsikan bagi ruang kantor wilayah Kementerian Agama Kota Tangsel, auditorium, dan coffe shop. Menurutnya, ada yang unik dari kementerian agama.

Seandainya ada masyarakat sekitar membutuhkan tempat menikah, pemerintah daerah sediakan ruangan di lantai 3. Wali Kota Airin terinspirasi saat datang ke Kota Batam yang menyediakan space untuk akad dan foto-foto.

“Kita juga memberikan ruang kepada enterpreuner-enterpreuner muda bila mereka memang menggunakan area tempat untuk melakukan kegiatan usaha,” tegas Bambang.

“Jadi dari delapan lantai sebagai gambaran, tiga lantai difungsikan untuk mall pelayanan publik. Sementara lima lantai berikutnya kita gunakan sebagai kegiatan kantor DPMPTSP,” pungkasnya. (ADV)

You might also like
Comments
Loading...