Makanan Khas Minangkabau Ini Tetap Menjadi Makanan Idola Warga Labuan

Carita, Satubanten.com- Masakan Padang adalah nama yang digunakan untuk menyebut segala jenis masakan yang berasal dari kawasan Minangkabau, provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Semua jenis masakan ini lebih populer dengan sebutan masakan Padang.

Banyak rumah makan (RM) padang untuk saat ini mudah ditemui, bahkan sampai pelosok pun saat ini RM padang sudah ada.

Salah satu pesona kuliner Indonesia adalah kekayaan bumbu dan rempah yang jadi kunci kelezatan masakannya. Bumbu dan rempah yang jadi ciri khas tentunya berbeda di setiap daerah. Wilayah Timur Indonesia populer dengan rempah eksotik seperti cengkeh, pala, dan kayu manis.

Sementara itu, masakan khas Sumatera Barat memadukan bumbu-bumbu seperti lengkuas, serai, daun aromatik seperti daun jeruk, daun kunyit dengan kapulaga, kayu manis, cengkeh, jintan dan rempah lainnya dengan santan. Keberadaan rempah ini merupakan jejak dari pedagang Arab dan India di masa lampau yang singgah di kawasan Sumatera Barat

Salah satu warga labuan bernama Herman warga kecamatan Labuan menuturkan, bahwa masakan padang sangat ia sukai. Rabu (4/08)

” Iyah, sekarang banyak paket hemat kalo makan padang mulai dari Rp.10.000 sampai Rp.15000, lumayan buat kita yang penikmat makanan padang. “Ujarnya.

Menu yang ia sukai di RM Padang diantaranya: Rendang, Sate Padang dan Dendeng Balado. Dendeng Batokok, Soto Padang dan Gulai Itiak. Gulai Tauco, Kalio Dagiang dan Cancang. Teh Talua, Lamang Tapal dan Galamal. Asam Padeh dan Ayam Pop.

Untuk saat ini RM Padang sampai pelosok pun ada, dan rasa masakan tetap khas atau nggak ada perbedaan, pungkasnya. (SBS/SUM)

You might also like
Comments
Loading...