Mahasiswa Gelar Aksi Solidaritas Kebakaran Hutan di Sumatera dan Kalimantan

Serang (19/09/2019) SatuBanten. News – Sejumlah mahasiswa dan pemuda yang tergabung dalam organisasi ekstra kampus Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) menggelar Aksi Solidaritas Kebakaran Hutan di Sumatera dan Kalimantan di Perempatan Alun-alun Kota Serang Banten, Kamis (19/09/2019).

Dalam aksinya itu, KAMMI menegaskan bahwa sekitar 328.722 Ha lahan terbakar yang bersumber dari 2.312 titik api, mengakibatkan 6 provinsi, 81 KOKAB, 1.006 Kecamatan, 12.369 Desa serta 30.097.500 Jiwa merasakan dampak dari bencana tersebut.

Aksi solidaritas tersebut digelar untuk mengingatkan kepada masyarakat kota Serang bahwa di Sumatera dan Kalimantan ada saudara-saudara yang membutuhkan bantuan dan dukungan moral.

Ketua umum KAMMI Daerah Serang, Muhammad Furqon menyatakan, Aksi ini merupakan bentuk solidaritas atas bencana karhutla yang terjadi di Riau dan Kalimantan.

“Pemerintah seharusnya bisa lebih sigap dan tanggap dalam menyelesaikan permasalahan ini. Dan yang terpenting, pemerintah harus menindak tegas apabila ada korporasi-korporasi yang terbukti sebagai pelaku pembakaran hutan.” kata Furqon

Karena itu, dalam aksi solidaritas ini juga melakukan long march sekaligus untuk penggalangan dana yang nantinya akan tersalurkan kepada masyarakat di Sumatera dan Kalimantan.

Dalam aksi damai tersebut, mereka membentangkan poster, di antaranya bertuliskan “Sumatera dan Kalimantan juga Indonesia” dan hashtag Aksi Solidaritas #melawanasap.

Seusai berunjuk rasa di alun-alun kota Serang, massa aksi kemudian melakukan doa bersama yang dipimpin oleh Arseta salah satu masa aksi. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...