Lolos Administrasi, 712 Peserta Ikuti Tes Kemampuan Dasar CPNS Pusat

Serang (27/01/2020) SatuBanten.com – sebanyak 712 peserta yang lolos administrasi kini tengah mengikuti Tes kemampuan dasar Calon Pegawan Negeri Sipil (CPNS).

Humas Pengadilan Tinggi Banten, Binsar Gultom mengatakan dalam tes dasar tersebut terdapat 3 materi yang harus di tempuh oleh masing masing peserta.

“Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan passing grade 65, Tes Inteligensia Umum (TIU) dengan passing grade 80, sedangkan untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan passing grade 126,” ujarnya.

Adapun bentuk ujian, Binsar mengatakan semuanya mutiple choice atau pilihan ganda dengan bobot nilai untuk TWK dan TIU masing-masing yang benar 5, sedangkan untuk nilai TKP bobotnya antara 1 s/d 5. Jumlah soal masing masing 100 dengan lama waktu pengerjaan 90 menit per sesi.

Sementara itu Kepala UPT BKN, Topan Sudibyo mengatakan seleksi tersebut dilakukanya untuk mengisi intansi pusat yang terdapat di Wilayah Banten.

“Yang di UPT ini hanya untuk yang instansi pusat yang ada di daerah sini yah,” ujarnya Senin (27/1/2020).

Adapun sebaran intasi pusat tersebut, Topan mengatakan, terdapat lebih dari 10 intasi yang diperuntukan bagi pendaftar CPNS yang diselenggarakanya.

“Mahkamah Agun (MA) RI, BKKBN, Kementrian Agraria dan tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional, Bawaslu, Sekjen Komisi Pemilu, Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Ombudsman RI, Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepolisian, Kejaksaan Agung, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan,” paparnya.

Mengenai jumlah jabatan yang akan diisi per intansi oleh para peserta, Topan mengatakan, akan disesuaikan antara jumlah kebutuhan dengan peringkat yang di dapat oleh para peserta.

“Kalo nanti yang dibutuhkan oleh masing masing intansi ada didalam formasi yang diberikan oleh Menpan kepada mereka, nanti mereka dari hasil tes ini yang lolos passing gradenya, tentunya itu yang akan masuk tentunya disesuaikan dengan rankingnya, kalo misalnya dalam satu jabatan itu yang dibutuhkan hanya satu ya tentu yang rangking satunya,” ucapnya. (RR/SBS31).

You might also like
Comments
Loading...