LIPI Rilis Sembilan Hasil Penelitian

Jakarta (16/12/2014), SatuBanten – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) kembali mempublikasikan sembilan hasil penelitian terbaru terkait bidang sosial dan kemanusiaan.

Menurut Kepala Pusat Penelitian Pengembangan Sumber Daya Regional (P2SDR) Dundin Zaenudin menjelaskan, Secara umum, penelitian itu fokus pada kajian wilayah Asia Tenggara, Asia Pasifik dan Eropa. “Hasil penelitian akan menjadi bahan usulan kepada pemerintah untuk diterapkan dalam kebijakan,” ungkap Dundin, Selasa (16/12/2014).

Dundin mengatakan, ekspose hasil penelitian tersebut merupakan bagian tanggung jawab LIPI untuk memberikan informasi ke publik tentang hasil penelitian yang dilakukan. Selain itu, penelitian dapat dimanfaatkan untuk acuan studi kewilayahan Indonesia.

“Rekomendasi kebijakan yang telah disusun oleh setiap tim penelitian diharapkan dapat membantu pemerintah Indonesia, baik itu kementerian atau lembaga yang terkait langsung untuk membantu memecahkan permasalahan terkini,” kata dia. Sembilan hasil penelitian itu adalah “Dinamika Orientasi Islam pada Etnis Cham”; “Peningkatan Pengelolaan Hutan Bersama Masyarakat”; “Pembangunan Sektor Pertanian di Asia Tenggara”; “Migrasi dan Kewarganegaraan”; “Sertifikasi Biofuel dan Kelapa Sawit Indonesia”; “Agama dan Krisis di Korea Selatan”; “Penerapan Pajak sebagai Instrumen Pengendalian Dampak terhadap Lingkungan”; “Manajemen Bencana di Tiongkok”; serta “Risiko Bencana dan Modernitas di Jepang”.

Penelitian itu sendiri dilakukan selama lima tahun. Pada akhir tahun kelima, hasil penelitian dipublikasikan dan dituangkan dalam buku sekaligus menjadi rekomendasi kepada pemerintah untuk menyusun kebijakan. (RLS/Ahmad/B01)

You might also like
Comments
Loading...