Libur Akhir Tahun, Masyarakat Harus Waspada Gelombang Air Laut

Taktakan (11/12/2019) SatuBanten.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas I Serang memprediksi perkiraan cuaca akhir tahun 2019 dan awal tahun 2020 menjadi puncak musim hujan. Kota Serang telah memasuki musim hujan sejak awal Desember. Sedangkan Pandeglang dan Lebak sudah masuk sejak Oktober akhir.

“Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat agar dapat mempersiapkan diri menghadapi dampak dari tingginya intensitas hujan seperti banjir,” ujar Analisa dan Prakirawan BMKG Serang, Widia Khoirunnisa saat ditemui di ruang kerjanya. Rabu, (11/12).

Selain itu, mereka juga mengimbau agar masyarakat yang ingin menghabiskan waktu pada libur tahun baru nanti di pantai, agar dapat terus memantau perkembangan cuaca pada situs resmi BMKG.

Hal tersebut dikarenakan untuk memprediksi potensi bencana baru dapat diketahui 1 Minggu menjelang tahun baru 2020, untuk itu masyarakat harus tetap berjaga-jaga demi keselamatan diri.

Sedangkan untuk gelombang air laut pada seminggu kedepan, di perairan laut Selat Sunda dapat mencapai ketinggian 2,5 meter sampai 4 meter. Akan tetapi untuk di Banten Utara maupun Banten Selatan masih dalam kondisi normal. Namun, masyarakat harus tetap waspada.

“Untuk masyarakat yang ingin liburan di pantai, karena memang saat ini akan menghadapi tahun baru, kami imbau untuk terus memantau kondisi gelombang laut di situs resmi BMKG. Jadi dapat mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” jelasnya.

Ia menyebutkan, ketinggian gelombang di Selat Sunda termasuk dalam kategori sedang. Meski begitu, pihaknya meminta masyarakat untuk waspada. Terlebih, perairan Selat Sunda merupakan bagian laut lepas. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...