Libra, Mata Uang Digital Facebook

Jejaring media sosial Facebook besutan Mark Zuckerberg kini semakin melebarkan sayap inovasinya. Setelah berinovasi di platform Messenger, kini Facebook melebarkan sayapnya ke mata uang Digital. Mata uang besutan Facebook ini diberi nama dengan “Libra”.

Menurut Facebook, Libra merupakan infrastruktur keuangan dan mata uang global. Libra merupakan aset digital yang dibuat Facebook menggunakan teknologi blockchain terbaru versi Facebook, yaitu teknologi terenskripsi yang dipakai juga oleh bitcoin dan cryptocurrency lain.

Dengan Libra nantinya pengguna platform Facebook Inc termasuk Massanger, Instagram dan Whatsapp nantinya bisa melakukan transaksi digital tanpa harus melalui mesin anjungan tunai (ATM). Facebook mengatakan bahwa teknologi Libra ini dibuat agar dapat menjangkau penggunanya yang mencapai 1,7 miliar dan mayoritas tidak mempunyai akses kepada perbankan konvensional.

Meski hingga saat ini peluncuran Libra masih belum menuai masalah, namun teknologi baru Facebook ini berpotensi menimbulkan masalah dalam sisi regulasinya. Pasalnya dengan potensi penggunaan hingga 2,4 miliar perbulan, Libra milik Facebook bisa menjadi momok mengerikan bagi operator perbankan konvensional.

Nantinya para pengguna Libra akan bisa saling bertransaksi baik jual beli, saling kirim uang dan sebagainya. Prisnsip kerjanya hampir sama seperti bitcoin namun di tahap awal, pengguna Libra masih harus mengakses melalui bank konvensional juga. Namun demikian, Libra dicanangkan akan menjadi sebuah cryptocurrency, yakni semacam mata uang digital yang nilainya stabil seperti dollar.

Untuk menjaga stabilitas Libra, nantinya berbagai perusahaan akan menjadi penyokong dalam asosiasi yang diberi nama Libra Association. Lembaga ini menurut Facebook merupakan lembag non profit yang berbasis di Swiss. Fungsinya yakni memvalidasi transaksi di Blockcain Libra serta mengatur aset di belakang Libra sehingga nilainya tetap dan tidak menjadi aset yang fluktuatif seperti Bitcoin.

Dalam Libra Association nantinya ada badan yang diberi nama Libra Association Council yang terdiri dari beberapa perusahaan yang masing-masing mempunyai hal veto terhadap keputusan yang harus diambil.

Di Libra Association, akan ada badan pengatur bernama Libra Association Council yang terdiri dari para perwakilan perusahaan, masing-masing punya hak veto soal kebijakan dan keputusan yang diambil. Perusahaan yang menyumbang sedikitnya USD 10 juta akan dimasukkan dalam daftar pendiri Libra Association, termasuk diantaranya Coinbase, Mastercard, Visa, eBay, payPal, Stripe, Spotify, Uber, Lyft, dan Vodafone.

Mata uang Libra ini akan tersedia paling cepat di tahun 2020 nanti. Bagi pengguna SamrtPhone nantinya pengguna bisa menggunakan Calibra sebagai dompet digital untuk mata uang Libra. Meski dibuat oleh Facebook, nantinya paltform ini akan dilepas ke komunitas yang lebih besar sehingga platform lain juga bisa terhubung. Dalam hal ini platform transportasi online Uber dan Lyft juga sudah menjdi salah satu investor Libra.

Kini, dengan Libra, transaksi akan semakin mudah dan terjangkau. Dengan Libra, kini kamu tidak hanya bisa chatingan dan kirim emoticon via Facebook dengan pasanganmu. Kamu jadi bisa manjain pasanganmu dengan kirim-kirim saldo Libra ke dompet Calibra pasanganmu. Makin banyak tranfernya, makin dicinta, deh.

(IBC/SBS032)

 

You might also like
Comments
Loading...