Leumeung Malingping, Oleh-oleh Khas Banten Selatan

Malingping, satubanten.com – Jika kita mendengar kata Leumeung (Lemang) pasti akan teringat dengan makanan khas Malingping, Banten Selatan yang terkenal kuliner Leumeung (Lemang) yang terdapat di Malingping, Lebak, Banten Selatan.

Kuliner yang satu ini terbuat dari racikan beras ketan dengan campuran santan kelapa dan kacang merah yang dimasukan ke dalam bambu yang dibakar di perapian hingga matang. Leumeung lebih nikmat jika dimakan hangat-hangat, atau dimakan sesaat bilah bambunya baru dibelah.

Biasanya Leumeung dimakan dengan Telur asin atau ditemani dengan kopi hitam. Namun jika dibiarkan lama terbuka, akan menyebabkan leumeung mengeras.

Leumeung Malingping biasanya dijajakan di Pasar Malingping. Ya, disanalah kita dapat dengan menemukan Leumeung dijual secara berjejeran dengan aneka kue dan oleh-oleh lainnya seperti gula merah, telur asin dan lainnya.

Salah satu penjual leumeung yang setiap hari berjualan di Pasar Malingping adalah Bu Enting.

“Biasanya kalau hari sabtu dan ahad selalu ramai yang membeli leumeung, mungkin karena liburan,” ungkap Enting pada SatuBanten, Ahad (18/10/2020).

Harga satu leumeung yang masih dalam bambu biasanya dijual seharga 20 ribu hingga 30 ribu tergantung dari ukuran.

“Biasanya saya jual 20 ribu sampai 30 ribu sesuai ukuran bambu, tapi seringnya ditawar oleh pembeli,” ujar Enting.

Sementara itu, Susan salah satu wisatawan yang baru pulang dari Sawarna menyempatkan membeli leumeung di Pasar.

“Ibu saya yang memesan katanya ini makanan masa kecilnya, jadi saya paksain beli disini,” ujar Susan salah satu pembeli asal Tangerang. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...