Lebih Melambat Dari Tahun Sebelumnya, Pertumbuhan Ekonomi Banten Tahun 2019 Diperkirakan 5,5 %

Serang (21/6/2019) Satubanten.com – Pertumbuhan ekonomi Provinsi Banten pada tahun 2019 diperkirakan tumbuh dikisaran 5,5 – 5,9%, atau melambat dibandingkan tahun 2018 sebesar 5,81%. Pertumbuhan diprakirakan ditopang oleh kinerja konsumsi baik rumah tangga maupun Pemerintah serta kinerja ekspor.

Berdasarkan lapangan usaha (LU), pertumbuhan terutama didorong oleh LU utama antara lain, antara lain industri pengolahan, LU konstruksi, dan LU pertanian. Sementara itu, beberapa LU diperkirakan akan tumbuh lebih rendah, diantaranya adalah LU perdagangan, LU real estate, dan LU transportasi dan pergudangan.

“Di sisi perkembangan harga, tingkat inflasi Provinsi Banten pada tahun 2019 diperkirakan akan berada pada kisaran 3,4 – 3,8%, lebih tinggi dibandingkan tahun 2018 sebesar 3,4%. Namun masih akan sejalan dengan target pemerintah yaitu di kisaran 3,5±1%.” papar Pjs Kepala Kantor Perwakilan Wilayah (KPW) Bank Indonesia (BI) Banten Erry P Suryanto, kepada media, Rabu (19/6)

Sedangkan berdasarkan kelompok komoditasnya, inflasi provinsi Banten pada tahun 2019 akan didominasi oleh kelompok bahan makanan dan kelompok transpor, komunikasi dan jasa keuangan.

Beberapa faktor risiko yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan inflasi Provinsi Banten Tahun 2019 antara lain Perang dagang US dan Tiongkok mempengaruhi penjualan produk ekspor utama seperti baja dan alas kaki.

Selanjutnya, Penguatan nilai tukar USD akibat potensi kenaikan suku bunga FFR oleh The Fed dan kenaikan harga BBM non subsidi berisiko mendorong tingkat inflasi.

Disamping itu risiko stabilitas politik terkait tahun politik 2019 juga berpotensi menahan masuknya investasi ke dalam negeri.

Sementara itu, potensi yang mendukung pertumbuhan ekonomi dan inflasi Provinsi Banten Tahun 2019 antara lain inflasi Provinsi Banten 2019 diperkirakan dalam sasaran inflasi nasional 3,5% ±1%.

Tarif transportasi angkutan udara yang meningkat sejak diberlakukannya bagasi berbayar dalam Negeri diperkirakan dapat menahan laju inflasi angkutan udara dan ekspor diperkirakan tumbuh lebih baik dari tahun sebelumnya seiring membaiknya proyeksi ekonomi beberapa negara mitra dagang

Serta telah beroperasinya pabrik synthetic rubber dan pabrik pelat baja otomotif yang mendorong kapasitas produksi industri pengolahan juga mampu mendukung pertumbuhan Ekonomi di Banten. (SBS-02)

 

You might also like
Comments
Loading...