LAPAN : 26 – 30 Mei Matahari Tepat Diatas Ka’bah, Saat Yang Tepat Verifikasi Arah Kiblat

Jakarta (26/5/2019) Satubanten.com – Sebentar lagi umat Islam di seluruh dunia akan segera merayakan Hari Raya Idul Fitri. Dihari kemenagan tersebut, umat muslim akan melaksanakan solat ied .

Namun, apakah arah kiblat di musala, masjid, atau lapangan yang akan dijadikan tempat salat kamu sudah akurat? Jika belum mungkin inilah waktu yang tepat untuk  verifikasi ulang arah kiblat berdasarkan bayangan matahari.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin mengatakan, mulai tanggal 26 – 30 mei 2019 matahari akan melintas tepat di atas Ka’bah -situs paling suci dalam agama Islam yang berlokasi di tengah Masjidil Haram, Mekkah, Arab Saudi. Fenomena ini dikenal dengan sebutan A’dham atau Rashdul Qiblah.

“Dengan bayangan matahari pada saat-saat tertentu yang disebutkan di bawah ini, arah kiblat dapat lebih mudah dan lebih akurat ditentukan,” kata Thomas dalam blog pribadinya, sabtu (25/5).

Thomas juga menjelaskan untuk memverifikasi arah kiblat waktunya  banyak pilihan, gunakan waktu yang sesuai dengan mempertimbangkan keadaan cuaca dan konversi waktu setempat. Arah kiblat bisa ditentukan dari bayangan benda vertikal, misalnya tongkat, kusen jendela/pintu, atau sisi bangunan.

Untuk daerah yang mengalami siang bersamaan dengan Mekkah (Indonesia Barat, Asia Tengah, Eropa, Afrika) silakan gunakan jadwal berikut ini untuk menentukan arah kiblat.

26 – 30 Mei, pukul 16:18 WIB

14 – 18 Juli, pukul 16:27 WIB

Rentang waktu plus/minus 5 menit masih cukup akurat. Arah kiblat adalah dari ujung bayangan ke arah tongkat.

Thomas menganjurkan masyarakat menggunakan benda tegak, misalnya kusen jendela, untuk menentukan arah kiblat dari bayangannya pada waktu yang ditentukan. Beri tanda arah bayangan, misalnya dengan sajadah. Buat garis shaf baru berdasarkan arah yang telah ditentukan. Jangan ragu menyempurnakan arah kiblat demi kebenaran.(SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...