Kunjungan Wisata Air Kota Cilegon di Musim Libur Lebaran 2018 Meningkat 20,79%

Cilegon (27/06/2018) SatubantenNews – Cilegon merupakan Kota dengan kota yang perkembangannya cukup bagus dalam beberapa tahun terakhir. Indikator-indikator pertumbuhan kota menunjukkan bahwa ada kemungkinan Cilegon serius mengembangkan diri menjadi kota yang sesuai motonya yakni,”Kota yang Mandiri, Maju dan Lestari”. Hal ini ditunjukkan salah satunya dari pertumbuhan pariwisatanya.

Pengunjujung Pariwisata biasanya terlibat ketika musim libur panjang tiba, seperti lebaran, natal atau tahun baru. Berbagai bentuk pariwisata menjadi tujuan para wisatawan baik wisata alam darat maupun wisata perairan. Cilegon termasuk kota yang kunjungan wisata airnya mengalami peningkatan.

Menurut data yang dirilis Balawista Banten, pada musim liburan lebarai 2018 lalu wisata perairan Cilegon mengalami peningkatan sebesar 20,79 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 jumlah kunjungan pariwisata air di kota Cilegon mencapai 49.546 pengunjung. Sedangkan pada tahun 2018 jumlahnya meningkat sebsar 59.848 pengunjung.

Data tersebut dirilis Balawista Banten pada Senin (25/6) melalui akun resmi sosial medianya. Balawista sendiri resmi menjadi organisasi mitra pemerintah sejak akhir tahun 2017 lalu, tepatnya Rabu (13/12/2017) lalu. Keberadaannya menjadi penyokong perkembangan wisata yang ada di Banten secara umum. Juga menjaga kredibilitas taman wisata dari oknum-oknum yang keberadaannya bisa merugikan wisatawan baik secara keamanan maupun kenyamanan.

“Kehadiran Balawista ini sangat berpengaruh besar bagi kemajuan obyek wisata. Karena dengan adanya Balawista wisatawan juga akan merasa aman,” kata Tanto Warsono Arban selaku dewan pembina Balawista Banten dalam sambutannya saat deklarasi kemitraan dengan pemerintah.

Dalam seri laporan Siaga Wisata 2018 tersebut, Balawista juga membeberkan jumlah wisatawan darat di berbagai wilayah di Banten selama musim lebaran 2018, termasuk Kota Cilegon. Dalam laporan tersebut, selama musim lebaran 2018 kunjungan wisata Kota Cilegon cenderung fluktuatif. Dan mengalami kenaikan signifikan pada akhir pekan hingga dua kali lipat pada hari-hari biasa. Jika pada hari biasanya jumlahnya dari 5.400 hingga 7.864 pengunjung, di akhir pekan jumlahnya meningkat hingga 12.950 pengunjung. (IBC/SBS32)

You might also like
Comments
Loading...