Kukerta 52 UIN SMH Banten Meriahkan Iedul Adha dengn Pawai Obor dan Lomba Bakat Islami

Cinangka (10/08/2019), Satubanten.com – Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) UIN Sultan Mualana Hasanudin (SMH) Banten meriahkan perayaan Iedul Adha 1440 H dengan rangkain pawai obor dan perlombaan. Kegiatan pawai dan lomba dengan tema “Pasauaran Mencari Bakat Islami” tersebut dilaksanakn di Kampung Pasauran 2  Kecamatan Cinangka,  Kabupaten Serang.

Acara perlombaan tersebut diikuti oleh anak-anak di Kampung Pasauran tersebut. Adapun kategori perlombaan antara lain Qori’, Pildacil, Adzan, Do’a Harian dan lomba Tahfidz Al Qur’an. Sedangkan pawai obor tidak hanya diikuti oleh anak-anak, tapi juga diikuti oleh ibu-ibu dan bapak-bapak di kampung tersebut.

Menurut Ahmad Mustofa selaku ketua KKN Kelompok 52, perlombaan yang dilakukan bertujuan untuk mengasah kemampuan dan mengasah mental anak-anak sejak dini. Hal ini memungkinkan anak-anak untuk belajar dan mempunyai pengalaman untuk dimanfaatkan kelak ketika besar.

“Kegiatan lomba ini untuk mengasah kemampuan anak-anak sejak dini serta agar anak-anak mempunyai pengalaman agar nantinya dapat berguna dan bermanfaat satu sama lain,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Azhar dari Bidang Humas KKN Kelompok 52. Menurutnya kegiatan lomba ini juga efektif untuk mengasah ilmu yang telah diperoleh dari para Ustad dan guru-gurunya selama ini.

“Melalui lomba ini anak-anak bisa mengasah kemabli ilmu yang telah didapat dari para Ustad dan Guru mereka selama ini. Kami harap mereka bisa semakin bersemangat nantinya, terutama selama KKN Kelompok 52 disini dan berbagi ilmu,” kata Azhar.

BACA JUGA : Jelang Hari Raya Idul Adha, Tempat Penggilingan Daging Pasar Rau Kota Serang Diserbu Konsumen

Sementara itu, Rilaen yang merupakan penanggung jawab acara perlombaan tersebut merasa sangat gembira karena antusias anak-anak dalam mengikuti lomba. Masyarakat yang tadinya terkesan cuek menjadi tertarik untuk memeriahkan hari Iedul Adha.

“Alhamdulillah kita bisa mempersatukan masyarakat yang tadinya agak cuek menjadi makin terlihat kekeluargaannya melalui acara PHBI ini. Untuk lomba sendiri terutama untuk anak-anak mereka tidak memandang menang atau kalah tapi mementingkan untuk maju dan menunjukkan bahwa mereka bisa,” kata Rilaen.

Pawai obor dan perlombaan tersebut juga turut diapresiasi Agus Ja’far selaku Lurah Pasauran 2. Melaui  kegiatan perlombaan gema takbir hari raya Iedul Adha yang bertema “Pasauaran Mencari Bakat Islami” ini ia berharap masyarakat semakin mencintai Islam.

“Kegiatan ini sangat berkesan bagi anak kecil, pemuda serta masyarakat Pasauaran Kecamatan Cinangka. Dengan adanya acara perlombaan gema takbir hari raya Iedul Adha yang temanya yakni Pasauaran mencari bakat islami ini semoga masyarakat makin cinta keislaman,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...