KPU Lanjutkan Verfak, Berikut Paslon Independen Yang Telah Lolos

Cilegon, Satubanten.com — Tahapan Pilkada telah berlangsung dan masing-masing pasangan calon telah melakukan pengajuan pendaftaran. Proses seleksi administrasi telah dilewati yakni pada 27 Februari hingga 26 Maret lalu dan penyerahan syarat dukungan masing-masing paslon juga telah ditempuh sejak 22 Juni lalu.

Dari proses tersebut Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kota Cilegon telah mengumumkan bahwa pasangan calon independen yakni Mujahidin-Firman Mutakin, Lukman Harun-Nasir dan Malim Hander Joni-Hawasi Syabrawi telah lolos.

Yang pertama, pasangan calon Malim Hander Joni-Hawasi Syabrawi mengantongi 24.925 dukungan yang memenuhi syarat (MS) dari total jumlah dukungan sebanyak 25.001. Sisanya 76 dukungn yang tidak memenuhi syarat (TMS).

Selanjutnya pasangan calon Pasangan Ali Mujahidin-Firman Mutakin mengantongi 55.573 dukungan yang memenuhi syarat dari total 58.398 jumlah dukungan yang diajukan. Artinya ada 2.825 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat.

Terakhir pasangan calon, Lukman Harun-Nasir yang mengantongi 24.967 dukungan yang memenuhi syarat (MS) dari total 29.200 dukungan yang diajukan. Sisanya yakni 4.233 dukungan dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

“Verifikasi administrasi sudah selesai selanjutnya kita akan kita lakukan proses verfak (Verifkasi Faktual),” kata Irfan Alvi, Ketua KPU Kota Cilegon saat dikonfirmasi.

Menurut PKPU No 5 Tahun 2020, proses Verifikasi Faktual akan dilaksanakan mulai tanggal 24 Juni hingga 12 Juli. Namun  demikian Irfan mengatakan bahwa pihaknya baru akan mulai melakukan verifikasi faktual pada tanggal 27 Juni.

“Kita persiapan dulu, karena kan lagi masa pandemi jadi nggak bisa seperti biasanya. Mungkin sekitar tanggal 27 kita baru akan mulai,” pungkasnya.  (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...