KPU Gelar Simulasi Pilkada Dalam Kondisi Bencana Normatif Sesuai Protokol Kesehatan

TANGSEL, Satubanten.com — Pemilihan Umum (Pemilu) menjadi salah satu instrumen penting dalam keberlangsungan sistem demokrasi. Namun di masa Pandemi seperti sekarang, penyelenggaraannya harus dipersiapkan secara matang.

Maka dari itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyelenggarakan simulasi Pemungutan Suara pada gelaran Pilkada yang akan datangtang. Simulasi dilangsungkan di lapangan PTPN Cilenggang, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Sabtu (12/9).

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) berikan saran perbaikan dalam pelaksanaan Simulasi Pemungutan Suara dalam Pemilihan Serentak 2020 dengan Protokol Kesehatan, Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Desa Cilenggang, Kota Tangerang Selatan. Sabtu, (12/9/2020).

Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro mengatakan bahwa simulasi pemungutan suara tersebut dilakukan untuk memastikan efektivitas penerapan protokol kesehatan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat prosesnya berlangsung.

“Sesuai dengan peraturan KPU Nomor 10 tahun 2020 bahwa pemilu kali ini merupakan Pilkada dalam kondisi bencana normatif. Oleh kerena itu pilkada serentak kali ini kita mengedepankan prinsip kesehatan dan keselamatan masyarakat,” tuturnya

Sementara itu, Bawaslu yang juga hadir mengatakan bahwa pihaknya telah mengajukan beberapa perbaikan antara lain DPT dan rincian jumlah pemilih disabilitas.

“Kami akan berikan saran perbaikan untuk penamaan kolom yang ada di DPT, supaya mengganti tulisan normal dengan tulisan jumlah pemilih atau pemilih non disabilitas, dan segera akan disampaikan ke KPU,” tutur Abhan selaku Ketua Bawaslu RI.

Hal senada juga disampaikan Ketua Bawaslu Banten Didih M. Sudi bahwa ada hal-hal yang perlu juga diperhatikan yaitu terkait waktu.

“Harus diperhitungkan juga waktu yang dibutuhkan untuk masing-masing pengguna hak pilih untuk menghindari kerumunan warga di sekitar TPS dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19,” pungkasnya. (SBS/IB)

You might also like
Comments
Loading...