KPK Gelar Rakor Teknis Pencegahan Korupsi Sektor Desa Melalui Platform JAGA di Kabupaten Lebak

Lebak, (17/05/19)- Satubanten.com-  Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK-RI) gelar rapat koordinasi teknis pencegahan korupsi sektor desa melalui platform JAGA di ruang rapat Inspektorat Daerah Kabupaten Lebak Jl. Jenderal Sudirman No. 118, Rangkasbitung dengan peserta dari perwakilan Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak.

KPK, dalam menjalankan berbagai tugasnya, Salah satunya berdasarkan Pasal 6 huruf d Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi, disebutkan bahwa KPK mempunyai tugas melakukan tindakan-tindakan pencegahan tindak pidana korupsi, maka sejak tahun 2016 lalu, KPK merilis platform pencegahan korupsi bernama JAGA.

JAGA merupakan sebuah platform yang diinisiasi oleh KPK bekerja sama dengan Kementerian dan Lembaga dalam menyajikan data seputar informasi publik yang dimiliki oleh Kementerian dan Lembaga dalam upaya pencegahan korupsi.  JAGA  diharapkan dapat menjadi tools, khususnya bagi CSO yang menjadi target pengguna JAGA, untuk melakukan advokasi dan mengedukasi masyarakat sebagai penerima manfaat pelayanan publik melalui analisa dan monitoring kebijakan pemerintah berdasarkan informasi dan data yang tersedia di JAGA.

Platform JAGA bertujuan meningkatkan partisipasi masyarakat dan mendukung terciptanya transparansi dalam berbagai aspek pelayanan publik.  Dalam rangka meningkatkan optimalisasi penggunaan JAGA oleh masyarakat khususnya pada sektor desa, KPK bekerja sama dengan CSO (Civil Society Organization) bidang anti-korupsi menginisiasi serangkaian kegiatan yang salah satunya ialah “Workshop Pencegahan Korupsi di Sektor Desa Melalui Platform JAGA.” (Sbs/011)

You might also like
Comments
Loading...