Komunitas ODOJ Tangerang Konsisten Baca Al Quran Setiap Hari

Tangerang (4/9/2019) Satubanten.com -Sebagai Kota Akhlakul Kharimah, masyarakat Kota Tangerang punya banyak cara untuk terus menguatkan nilai-nilai agama dalam keseharian. Seperti yang dilakukan lebih dari 200 masyarakat Kota Tangerang yang tergabung dalam Komunitas One Day One Jus (ODOJ).

ODOJ, Komunitas yang mengajak anggotanya untuk bisa konsisten membaca Alquran melalui media sosial whatsapp. Sehingga member terbiasa membaca Alquran sesuai kemampuan.

“Kami punya 200-an anggota yang dibagi menjadi banyak kelompok. Setiap harinya mereka lapor ke grup tilawah di Whatsapp Group. Kemudian akan direkap 50 Admin yang tersebar di Kota Tangerang,” jelas Afif Suhaibi, Ketua DPA Kota Tangerang dikutip Humas,  rabu (4/9).

Anggota ODOJ terdiri dari berbagai elemen, mulai dari karyawan, PNS, TNI, guru ngaji bahkan ibu rumah tangga. Anggota yang sudah mengaji bisa lapor ke grup sesuai dengan aturan. Admin akan merekap dan memberikan reward sesuai waktu pelaporannya.

“Minimal tiga yang bisa didapatkan member ODOJ. Yaitu, tilawah tertarget, termonitor dan terevalusi. Tertarget seusai dengan kemampuan satu juz , 1/2 Juz, satu lembar atau minimal tiga ayat. Kemudian termonitor karena ada admin yang menegur jika sampai magrib belum laporan. Serta terevalusi setiap minggunya,” papar Afif.

Diketahui, ODOJ kini memiliki beberapa program yang bisa disesuaikan dengan kemampuan membernya. Seperti, ODOJ Star yaitu sehari tilawah minimal satu ayat maksimal satu juz, One Day Half Juz yaitu sehari tilawah setengah juz. One Day One Juz dengan sehari satu juz terakhir untuk anak-anak yaitu One Day One Lembar Kids sehari maksimal satu lembar pada usia dibawah 12 tahun.

Berdiri sejak 2014, Komunitas ODOJ tak hanya berinteraksi melalu media sosial. Beragam kegiatan offline atau tatap muka juga rurin dilakukan. Seperti kajian Alquran ala Ustadz (Kalqulus), Ngaji On the Street (Ngaos). (SBS/HMS)

You might also like
Comments
Loading...