Kominfo dan BPIP Gelar Forum Aksi Pendidikan Karakter Pancasila Di Kampung Markisa Tangerang

Tangerang (24/8/2019) Satubanten – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) menggelar kegiatan Forum Aksi Pendidikan Karakter Pancasila Kita Indonesia Kita Pancasila, di Kampung Markisa Kota Tangerang, Jum’at (24/8).

Wakil Wali Kota Tangerang H. Sachrudin yang hadir dalam kegiatan Sachrudin menjelaskan, kegiatan yang mengangkat tema “Pancasila Dalam Praktis Sosial Semangat Gotong Royong, Kebhinekaan, Persatuan dan Kesatuan Menuju Indonesia Maju” tersebut, diharapkan mampu memberikan penguatan nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari khususnya dalam bermasyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kemenkominfo dan BPIP yang telah mengadakan Forum Pendidikan Karakter Pancasila di Kota Tangerang,” ucap Sachrudin.

Kampung Tematik yang ada di Kota Tangerang, sambung Sachrudin, adalah bukti implementasi nilai-nilai Pancasila yang telah tumbuh dan berkembang menjadi kebutuhan di masyarakat.

“Ini sekaligus menjadi bukti bahwa melalui Program Kampung Kita, masyarakat telah mencerminkan nilai-nilai Pancasila seperti gotong royong, kebersamaan, persatuan dan silaturahmi,” paparnya.

“Tanpa disadari mereka ini sudah mengamalkan Pancasila, dan bahkan sudah menjadi kebutuhan dasar,” lanjutnya.

Sementara itu, Direktur Sosialisasi Komunikasi dan Jaringan (BPIP) Aris Heru Utomo mengatakan, lewat Program Mutiara Pancasila pihaknya berharap lahir tokoh-tokoh masyarakat yang menginspirasi orang banyak.

“Sosok-sosok Mutiara Pancasila ini sebetulnya banyak dan ada disekitar kita, tapi memang belum terangkat, inilah yang kita mau tuju agar sosok ini jadi role model di masyarakat,” terangnya.

Sebelumnya, rombongan dari Kemenkominfo dan BPIP berkesempatan menyambangi beberapa Kampung Tematik di Kota Tangerang diantaranya Kampung Anggur, Kampung Talas, Kampung Pingli, dan Kampung Markisa. Aris pun mengapresiasi berbagai Kampung Tematik yang berhasil dibentuk oleh masyarakat dan Pemerintah Kota Tangerang

“Ini tentunya bukan peran serta dari pemerintah daerah saja, tapi peran swasta, LSM, dan masyarakat itu sendiri,” ucap Aris.

“Kota Tangerang menjadi salah satu tujuan kita karena telah punya banyak program berbasis masyarakat yang berpedoman pada nilai Pancasila dan semoga ini bisa kita bawa dan tularkan kepada daerah lainnya,” tukas Aris. (SBS/RLS)

You might also like
Comments
Loading...