Kominfo Buka Peluang Kembali Blokir WhatsApp Saat Sidang Sengketa Pilpres di MK

Jakarta (14/6/2019) Satubanten.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali memunculkan wacana untuk memblokir WhatsApp ( WA) dan pembatasa akses Instagram dan Facebook jelang bergulirnya sidang sengketa pilpres di MK.

Sebelumnya, aplikasi media sosial pernah diblokir pemerintah saat terjadi aksi unjuk rasa di depan Bawaslu yang berujung kerusuhan pada 21-22 Mei 2019.

Mahkamah Konstitusi (MK) akan menggelar sidang perdana terkait permohonan sengketa hasil Pilpres 2019 yang diajukan pasangan capres-cawapres no urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Jika terjadi demonstrasi yang mwngakibatkan situasi memanas dan menjadi tak kondusif, Kominfo membuka peluang untuk kembali membatasi penggunaan WhatsApp dan media sosial.

Hal tersebut dilakukan guna menekan penyebaran hoaks dan mencegah terjadinya kerusuhan seperti bulan lalu.

Hal tersebut disampaikan Plt Kepala Humas Kementerian Kominfo, Ferdinandus Setu.

” Kominfo akan melihat terlebih dahulu seperti apa eskalasi berita hoaks, yang beredar melalui media sosial pada Jumat (14/6) hingga pengumuman keputusan sidang sengketa hasil Pilpres 2019.” ujarnya.

Ferdinandus juga mengatakan, pembatasan akses ke media sosial dapat dilakukan jika penyebaran pesan bernada hasutan meningkat dan disertai adanya kejadian yang membahayakan NKRI. (SBS02)

You might also like
Comments
Loading...