Kisah Mistis di Balik Perjuangan Pekerja Penambang Emas (2)

Serang (23/12/2019) SatuBanten.com – Selain taruhannya nyawa, terdapat beberapa kisah mistis dibalik pekerjaan penggalian lubang emas di sekitar bekas tambang emas Cikotok, Bayah. Nuryasin (45), Eks Gurandil Cikotok menceritakan kisahnya selama puluhan tahun bekerja sebagai penggali lubang emas. Senin, (23/12).

“Waktu itu saya pernah bareng sama rekan kerja, dia seorang bergelar haji dan pas di dalam lubang dia bilang mau sholat. Saya larang dia buat sholat karena salah satu pantangannya itu enggak boleh sholat, baca bismillah dll. Tapi dia nekad buat sholat, akhirnya saya suruh pulang aja dia, terus dia pulang,” ujar Nuryasin saat berdiskusi di Aula SatuBanten News.

Ia menjelaskan bahwa saat bekerja di dalam lubang tidak diperbolehkan untuk membicarakan akidah, semua hal yang berbau ibadah itu dihilangkan. Menurutnya jika berbicara akidah akan mempengaruhi penghasilan emas yang didapat.

“Selain akidah juga ada aja isu-isu terkait tumbal. Misalnya kita para penambang harus menyiapkan sesajen dalam bentuk ayam hitam, apel jin, aneka nasi empat warna dan lain-lain,” tuturnya.

Menurutnya hal tersebut sebenarnya merupakan hal-hal yang datang dari petunjuk ‘orang pintar’ serta godaan-godaan setan didalam pekerjaan, yang memanipulasi pikiran para pekerja agar tidak menjalankan ibadah.

“Jadi kan gini fikiran kita, kalau saya sholat nanti hasil emasnya habis enggak berguna. Padahal kan hal seperti itu tidak benar, walaupun saya juga sebenarnya tidak pernah sholat selama menjalankan tugas itu,” tuturnya.

Selain ada pantangan ibadah, hal mitos dari pekerjaan ini juga dikatakan bahwa semakin berbuat maksiat, semakin lancar dan mudah mendapatkan emas.

“Kayak gini contohnya teman saya dianjurkan untuk menikah lagi jika ingin dapat hasil yang banyak. Saya juga sudah 7 kali menikah. Karena dianggap akan melancarkan rezeki dalam mencari emas,” imbuhnya.

Menurut Nuryasin, banyak pantangan dan larangan yang harus ditaati oleh para gurandil dan semua itu biasanya dituruti karena berupa anjuran dan petuah dari dukun yang harus ditaati. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...