Kendalikan Inflasi Di Banten, TPID Gelar High Level Meeting

Serang (27/9/2019) Satubanten.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten melakukan pertemuan koordinasi “High Level Meeting” bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) se-Banten yang bertujuan untuk menjaga stabilisasi harga di kota dan kabupaten yang ada di Banten.

Acara yang dipimpin oleh Sekretaris Daerah Provinsi Banten ini, dihadiri oleh Bupati/Wali Kota se Provinsi Banten. Antara lain, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban, dan Wali Kota Serang Syafrudin.

Pembahasan tersebut dilakukan terkait langkah-langkah kedepan untuk menjaga infasi dan stabilisasi harga. Dalam acara, hadir pula narasumber Ekonom Nasional Aviliani yang memaparkan peran pemerintah dalam pengendalian inflasi.

Kepala Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, untuk menjaga stabilisasi harga dan inflasi di Banten, khususnya di daerah dapat dilakukan beberapa langkah. Seperti perlu adanya Memorandum of Understanding (MoU) maupun Peraturan Daerah (Perda) yang menjadi payung sinergi Intra Provinsi Banten.

“Kemudian, pentingnya data neraca pangan untuk menentukan langkah pengendalian inflasi dan koordinasi. Selanjutnya, peningkatan intensitas koordinasi sebagai tindak lanjut Rapat Koordinasi level atas. Pembentukan BUMD yang dapat membantu pemerintah daerah dalam distribusi komoditas,” katanya, Jumat (27/9).

Selain itu, kata dia, perlu adanya pendirian gudang logistik maupun pusat distribusi sebagai tempat mengumpulkan komoditas strategis. Tentunya, perluasan pasar tani juga penting dalam menjaga kestabilan harga pangan di Provinsi Banten. Karena, yang saat ini hanya dilakukan pada hari tertentu dan di beberapa titik saja.

“Kerjasama dengan PT KAI juga dirasa perlu untuk gerbong khusus komoditas pertanian guna memperluas pemasaran. Dari daerah produsen ke daerah konsumen antar Provinsi Banten. Sehingga stabilisasi harga dan inflasi tetap terjaga,” ucapnya. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...