Kenali Manfaat Behel Untuk Kesehatan

Minggu, (12/08/2018) Satubanten.con -Kawat gigi atau biasa disebut sebagai behel adalah alat berbasis kawat yang digunakan oleh ortodontis untuk memperbaiki gigi atau rahang yang tidak rata dan gigi yang bertumpuk.

Banyak orang yang memakai kawat gigi di usia remaja untuk memperbaiki gigi mereka. Namun jangan salah, orang dewasa juga bisa mendapatkan keuntungan dari kawat gigi.

Tujuan utama dari behel ini adalah untuk menyelaraskan gigi dan rahang agar dapat menggigit makanan dengan baik dan menghasilkan senyum yang indah.

Kapan sebaiknya memasang kawat gigi?

Untuk memasang kawat gigi, sebaiknya dilakukan pada usia antara 8 hingga 14, ketika sudah terdeteksi posisi gigi yang tidak beraturan dan tumpang tindih. Disarankan pemasangan dilakukan pada usia tersebut, karena pada usia tersebut gigi masih berada dalam proses pertumbuhan, sehingga masih dapat tumbuh.

Dengan menggunakan kawat gigi selama beberapa tahun, terutama dalam usia 8 – 14 tahun akan memperbaiki posisi gigi yang tidak rata tersebut menjadi lebih baik.

Selain adanya kondisi gigi yang posisinya tidak rata, terkadang ada juga kelainan gigi yang menyebabkan kondisi gigi yang saling tumpang tindih dan berdekatan satu sama lain. kondisi ini dapat diperbaiki dengan cara memasang kawat gigi, untuk mengatur posisi gigi yang mengalami tumpang tindih, sehingga menjadi ormal dan rata kembali.

Meskipun memiliki posisi gigi yang rata dan tidak mengalami tumpang tindih, namun terdapat kemungkinan bahwa seseorang memiliki kelainan pada posisi gigi rahang atas dan rahang bawah. Normalnya, posisi gigi pada rahang atas harusnya sejajar dengan posisi gigi pada rahang bawah.

Ketika seseorang mengalami kondisi dimana posisi gigi pada rahang atas tidak sejajar dengan posisi gigi rahang bawah, maka dia dapat memasang kawat gigi pada salah satu bagian rahang saja untuk mensejajarkan posisi gigi pada rahang atas dan rahang bawah.

Kelainan gigi lainnya yang mungkin muncul pada diri seseorang ialah kondisi gigi yang tumbuhnya terlalu renggang jaraknya satu sama lain. kondisi ini biasanya sering sekali menyebabkan makanan nyangkut di sela – sela gigi dan apabila tidak dibersihkan dengan benar akan berakibat pada munculnya bau mulut dan kerusakan pada gigi.

Orang yang memiliki pola gigitan yang tidak rata atau masalah ortodontik lainnya memiliki risiko yang lebih tinggi untuk memiliki dampak berbahaya pada gigi, seperti gigi depan menonjol, dan kerusakan atau masalah gigi dini. Oleh karena itu, orang-orang yang mengalami hal tersebut membutuhkan perisai yang kuat untuk melindungi gigi. Behel bertindak sebagai pelindung terhadap dampak buruk tersebut, dan sekaligus menjaga kesehatan gigi. (Sbs/027)

You might also like
Comments
Loading...