Kemenkumham Banten Adakan Sosialisasi Layanan Fidusia Kepada Masyarakat

Serang (27/05/2019) Satubanen.com,- Dalam meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai Layanan Jasa Hukum, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten kembali menyelenggarakan Sosialisasi Layanan Fidusia kepada masyarakat, kali ini di wilayah Kecamatan Curug (Kabupaten Tangerang).

Kegiatan sosialisasi yang diadakan di Hotel Yasmin Karawaci ini menghadirkan para narasumber yaitu Kepala Kantor Wilayah (Imam Suyudi), Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Sri Kurniati Handayani Pane) serta dari Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Perwakilan Banten (Tursiman).

Imam Suyudi menyampaikan bahwa salah satu persyaratan pada perjanjian kredit adalah harus adanya agunan sebagai jaminan, dengan maksud untuk mendapatkan kepastian hukum bagi kreditur apabila debitur tidak melaksanakan kewajibannya (wanprestasi). Kakanwil Kemenkumham Banten ini juga menerangkan, “Salah satu lembaga jaminan yang bersifat kebendaan adalah Fidusia. Lembaga Jaminan Fidusia timbul pertama kali di Indonesia pada tanggal 30 September 1999, diatur dengan Undang-Undang Nomor 42 Tahun 1999 tentang Jaminan Fidusia.”

Imam Suyudi juga menjelaskan dalam rangka meningkatkan pelayanan publik serta untuk mewujudkan keterbukaan informasi kepada masyarakat, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum telah menyediakan layanan jasa hukum secara online, salah satunya adalah pendaftaran Jaminan Fidusia.

Beliau megaskan, “pentingnya untuk membangun pemahaman yang sama mengenai kepastian hukum dari objek Jaminan Fidusia yang didaftarkan, serta pemahaman tentang tata cara pelaksanaan eksekusi objek Jaminan Fidusia bagi para pihak yang terkait.” tutupnya. (SBS09/Hms)

You might also like
Comments
Loading...