Kemenhub Wacanakan Sistem Ganjil Genap di Merak Saat Arus Mudik Lebaran

Merak (04/05/2019), SatuBanten News – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan akan mencarikan solusi mengatasi kemacetan dan penumpukan kendaraan saat arus mudik lebaran Idul Fitri tahun di Pelabuhan Merak, Banten dengan menerapkan sistem ganjil genap.

Dirjen Perhubungan Darat Irjen Pol Budi Setiyadi mengatakan bahwa wacana penerapan ganjil genap di Pelabuhan Merak masih dalam tahap pembahasan guna mengurai kepadatan pemudik saat Idul Fitri.

“Kita berharap agar masyarakat bisa siang hari sudah menyebrang ke Lampung. Carannya ada beberapa ide yang akan kita diskusikan kembali dan akan saya laporkan ke pak menteri seperti pola (penerapan) ganjil genap,” ujar Budi saat mengunjungi Pelabuhan Merak, Jumat (3/5/2019).

Budi menjelaskan, jika nanti diterapkan siatem ganjil genap bagi kendaraan baik roda dua maupun roda empat diharapkam dapat mengurai kepadatan pemudik terutama pada puncak arus mudik.

Selain sistem ganjil genap, sejumlah usulan lain juga diwacanakan guna mengurai kepadatan. Misalnya memberikan potongan harga bagi pemudik yang melakukan perjalanan siang hari, dan menaikan harga pada perjalanan malam hari.

“Kita masih terus mencari solusi agar mudik tahun ini lebih nyaman dan aman untuk semua,” katanya. (Imam/SBS)

You might also like
Comments
Loading...