Kemenhub Terapkan Sistem Ganjil Genap Saat Arus Mudik di Pelabuhan Merak

Merak  (11/5/2019) Satubanten.com – Mengantispasi kemacetan lonjakan arus mudik di pelabuhan Merak – Bakauheni, Kementerian Perhubungan akan menerapkan sistem penyeberangan ganjil genap untuk para pemudik.

Rencana himbaun pemberlakuan sistem ganjil genap akan dilakukan pada puncak arus mudik Lebaran 2019, 30 Mei-2 Juni 2019. Sistem ganjil-genap ini hanya akan berlangsung selama 12 jam mulai pukul 20.00 WIB sampai pukul 08.00 WIB pagi. Sementara untuk siang hari bebas.

Dalam rilis tertulis Kemenhub yang diterima Satubanten.com, Jum’at (10/5) disebutkan, pemberlakuan tanda nomor kendaraan arus mudik di pelabuhan Merak dimulai dengan angka genap yakni pada 30 Mei 2019. Selanjutnya berturut turut bergantian dengan nomor kendaraan Ganjil. Tanggal 31 Mei Ganjil, Tanggal 1 Juni Genap dan terakhir tanggal 2 Juni Ganjil.

Sementara untuk arus balik dari pelabuhan Bakauheni, dimulai tanggal 7 Juni untuk Sistem ganjil, dilanjutkan bergantian hingga tanggal 9 Juni 2019.

“Untuk mekanisme pengaturan ganjil/genap dilaksankan oleh BPTB , Dinas Perhubungan Provinsi, Dinas Perhubungan Kabupaten.kota, kepolisian dan PT ASDP Indonesia Fery (persero) selaku pengelola pelabuhan.” ujar Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub dalam rilis tertulisnya. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...