Kemenhub Hibahkan Satu Unit Kapal Laut Untuk Pemkot Serang

Serang (25/9/2019) Satubanten.com – Kementrian Perhubungan (Kemenhub) Republik Indonesia berencana menghibahkan satu unit kapal laut kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Perhubungan (Dishub) bulan Oktober mendatang.

Kepala Dishub Kota Serang Maman Luthfi mengatakan,  kapal tersebut akan digunakan untuk patroli disekitar teluk Banten.  saat ini Pemkot Serang dan pihaknya terlebih dulu akan menyiapkan pembangunan tempat sandar kapal di Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN)

Bantuan kapal jenis pinisi ini rencananya akan digunakan sebagai kapal patroli. Namun tidak menutup kemungkinan setelah ada Peraturan Daerah (Perda) kapal itu digunakan untuk wisata pulau.

“Sementara ini kami pakai untuk patroli di sekitar pantai di wilayah Kota Serang dulu. Dan kalo sudah ada Perda, kapal ini akan digunakan juga untuk wisata keliling pulau, tentunya kami Pemkot Serang langsung sebagai pengelolanya,” ujarnya kepada wartawan

Ia juga menjelaskan, untuk pembangunan sandar kapal tersebut sudah dianggarkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun ini. “Kami sudah minta untuk dianggaran perubahan 2019 ini. Agar dapat segera dilakukan pembangunannya, karena kan Oktober ini kapalnya datang. Untuk anggaran itu sebesar Rp125 juta,” ujarnya.

Sementara, Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan, lokasi sandar tersebut akan dibangun tepat di dekat pangkalan kapal TNI Angkatan Laut (AL). Ia juga menjelaskan, karena kapal tersebut merupakan hibah dari kementrian, maka untuk pembuatan sandaran dibebankan ke APBD Pemkot Serang.

“Tadi sudah diukur untuk sandaran kapalnya. Karena pemkot ini selaku penerima bantuan, maka dibebankan ke APBD pembangunannya. Saya juga tadi sudah meninjau lokasi sandarnya, dan kami sudah sepakat. Sehingga pada penyerahan kapal nanti sudah tidak ada masalah lagi,” katanya. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...