Kemenag Akan Ganti Buku Nikah Dengan Bentuk Kartu ATM

Tangerang, (13/11/2018) Satubanten.com,- Direktorat Jenderal Bimbingan Islam Kementerian Agama untuk pertama kalinya meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Manajemen Nikah (Simkah) berbasis web dan kartu nikah pergantian bentuk fisik, Buku Nikah yang selama ini dimiliki secara resmi oleh pasangan Suami-Istri sebagai dokumen administrasi pencatatan resmi nikah oleh negara.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang Selatan Abdul Rojak mengatakan, rencananya pemberlakuan bentuk baru buku nikah menjadi Kartu Nikah akan mulai berlaku pada tahun 2020 mendatang.

“Informasi yang kita terima bahwa Buku Nikah yang selama ini ada akan berakhir sampai tahun 2020, setelah itu akan diganti dengan Kartu Nikah yang bentuknya seperti KTP elektronik,” ujar Ustad Abdul Rojak.

“Dengan sistem aplikasi ini maka kejadian seperti itu tidak dapat terjadi lagi karena setiap orang ketika menikah langsung tercatat didata kependudukan kita sehingga tidak ada duplikasi atau hal-hal yang jadi persoalan di masyarakat,” kata Menag Lukman.

Seperti diketahui, kartu nikah yang belum lama diluncurkan Ditjen Bimas Islam Kemenag ini serupa dengan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik. Kartu nikah memudahkan orang yang sudah menikah, sehingga cukup menunjukan kartu nikah saja jika ingin menginap di hotel tanpa perlu ribet harus membawa buku nikah. (sbs/009)

 

You might also like
Comments
Loading...