Keistimewaan Bulan Syawal

Oleh : Siti Solehah, Mahasiswi UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten

Serang (18/06/2019) SatuBanten. News – Syawal adalah bulan yang istimewa karena didalamnya terdapat banyak sekali kesitimewaan. Keistimewaan tersebut terlihat pada hari pertama dibulan syawal (1 syawal) yang merupakan hari besar Islam (Hari Raya Idul Fitri). Selain itu, keistimewaan di bulan syawal juga karena adanya perintah puasa 6 hari yang mempunyai keutamaan besar bagi umat Islam yang melaksanakan.

Keutamaan tersebut tertuang dalam hadits yang diriwayatkan Muslim. Hadits itu berasal dari Abu Ayyub Al Anshori yang pernah mendengar sabda Nabi Muhammad SAW. “Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR Muslim).

Disamping dua hal tersebut, syawal juga istimewa karena bulan syawal identik dengan tradisi menikah, rupanya ini bukan hanya tradisi, tetapi menikah di bulan syawal juga merupakan sunnah Rasulullah SAW yang memang ada tuntunanya dalam Islam. Di Indonesia sendiri tidak sedikit yang sudah berusaha menjalankan sunnah Rasulullah dengan menikah di bulan syawal.

2019 ini salah satu KUA yang terdapat di Kabupaten Pemalang, Jawa tengah pun mengalami peningkatan drastis, banyak yang mendaftar untuk menikah di bulan syawal. Selain itu, Ada juga yang beranggapan bahwa menikah di bulan syawal merupakan kesialan dan tidak membawa berkah, anggapan tersebut sebenarnya adalah keyakinan orang-orang jahiliyah pada masanya.

Keyakinan tersebut ditepis melalui sabda Rasulullah SAW “Tidak ada (sesuatu) yang menular (dengan sendirinya) dan tidak ada “Thiyarah”/sesuatu yang sial (yaitu secara dzatnya), dan aku kagum dengan al-fa’lu ash-shalih, yaitu kalimat (harapan) yang baik” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Meski sudah ada dalil dan sudah jelas bahwa menikah di bulan syawal adalah sunnah, tetapi masih banyak diantaranya orang-orang awwam yang belum begitu paham mengenai hal tersebut yang masih saja meyakini keyakinan jahiliyah bahwa menikah di bulan syawal merupakan kesialan. Keyakinan ini harus diluruskan atau dibenarkan melalui pengajaran agar tidak ada lagi yang beranggapan salah seperti orang jahiliyah. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...