Kasepuhan Adat Sajira Gelar Seren Taun

LEBAK, Satubanten.com — Warga Desa Pajagan Kecamatan Sajira kabupaten Lebak beramai-ramai merayakan upacara Adat Ngembang atau Tabur Bunga, Kamis (26/06). Upacara adat Ngembang ini merupakan salah satu rangkaian Adat Seren Taun yang dilangsungkan tiap setahun sekali.

Hasan Pasundan selaku Ketua Kasepuhan Adat Kecamatan Sajira mengatakan bahwa Adat Ngembang merupakan salah satu Upacara Adat yang melegenda. Selain itu IA juga mengatakan bahwa Upacara Adat Ngembang merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang patut dilestarikan.

“Kecamatan Sajira itu punya adat yang melegenda yakni Upacara Adat Ngembang. Selain melegenda, upacara adat ini merupakan salah satu bentuk kearifan lokal yang perlu dilestarikan,” tuturnya saat dikonfirmasi.

Upacara Adat Ngembang berasal dari kata Kembang yang berarti bunga. Dalam upacara adat ini masyarakat beramai-ramai berziarah dan menabur bunga ke makam para leluhur, tetua adat dan ulama terdahulu yang ada di daerah tersebut.

Dalam tatanan Adat Sunda, Ritual Adat Ngembang menjadi acara kedua setelah Neuteupkeun atau Upacara Penetapan Niat dan pembukaan Upacara Adat Seren Taun. Keseluruhan Upacara Adat Seren Taun terdiri dari 7 upacara yakni Neuteupkeun, Ngembang, Sawer Sudat dan Ngalage, Sebret Kasep, Ngukuluan , Sedekah , dan yang terakhir yakni Helaran dongdang, Majiekeun Pare dan Pintonan Kesenian.

Hsan menagatakan bahwa selama ini penyelenggaraan Upacara Adat Ngembang Seren Taun dilaksanakan secara sederhana. Hal ini lantaran keterbatasan anggaran untuk melangsungkan acara tersebut secara meriah. Biasanya  untuk bisa melangsungkan acara, warga iuran semampunya. Dari dana swadaya masyarakat itulah akhirnya upacara dimeriahkan.

“Adat ngembang atau  seren tahun yang dilaksanakan secara rutin, seringkali dalam pelaksanaannya hanya dilaksanakan secara sederhana karena terkendala faktor keterbatasan anggaran,” tuturnya.

Meski tetap terkendala dana, namun Hasan mengatakan pihaknya akan terus melangsungkan upacara adat tersebut. Meski tanpa dukungan dari pemerintah, Ia yakin Adat dan potensi wisata lokal bisa diangkat melalui Upacara Adat salah satunya yakni dari Upacara Adat ngembang ini.

“Kami akan buktikan dan yakinkan pemerintah bahwa Adat akan tumbuh dan besar sebagai lembaga yang bisa membantu pemerintah dalam mempromosikan potensi wisata lokal di Kabupaten Lebak khususnya Kecamatan Sajira,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

You might also like
Comments
Loading...