Kapolda Janji Akan Telusuri Kasus Dugaan Korupsi Iing

Serang, SatuBanten- Kapolda Banten Brigjen Polisi Boy Rafli Amar akan kembali melakukan pengecekan kasus dugaan korupsi oleh mantan Kepala Dinas Sumber Daya Air dan Permukiman (DSDAP) Banten Iing Suwargi. Iing ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi pada proyek Pembangunan Prasarana Pengaman Pantai Normalisasi Muara Pantai Karangantu di Desa Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, senilai Rp4,8 miliar.

Kini Iing menjabat sebagai Asda II Pemprov Banten setelah dilantik Plt Gubernur Banten Rano Karno pada Jumat (9/1/2015) lalu. “Kita akan cek progresnya sampai mana, tapi ini sudah ditangani oleh kita yah? Tapi sudah dilantik, di mana? Kita lihat nanti, proresnya seperti apa,” ujar Kapolda.

Mengenai pengangkatan Iing Suwargi sebagai Asda II, Kapolda enggan berkomentar lebih jauh. “Itu ranahnya Pemprov Banten, bukan ranahnya kita. Kita akan tempuh langkah pembuktian dan langkah-langkah hukum secara prosedural. Bagaimana mekanismenya itu yang akan kita lakukan,” ujarnya.

Mengenai kelambanan Polda Banten menuntaskan kasus ini, Kapolda menduga ada alat bukti yang kurang dalam kasus ini. “Kan bisa seperti itu yah. Cuma kesannya publik sudah tahu orang ini (Iing Suwargi-red) terilibat padahal dari alat buktinya belum mencukupi,” katanya.

Selain Iing, penyidik Polda Banten sebelumnya sudah menetapkan tiga tersangka lainnya, yaitu AK selaku pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK), HIP selaku pelaksana, dan S selaku konsultan.Kapasitas Iing Suwargi sendiri sebagai pejabat pembuat komitmen (PPK).

Direktur Ditreskrimsus Polda Banten Kombes Pol Wahyu Widada pada kesempatan yang lalu menyebutkan kasus ini terungkap dalam pelaksanaan lelang proyek tersebut tidak melalui prosedur. Proyek ini dimenangkan oleh PT Surtini yang sebenarnya tidak pernah mengikuti lelang. Akan tetapi, Direktur PT Surtini tidak mengetahui hal tersebut karena tanda tangan Direktur PT Surtini dipalsukan. Seolah-olah melalui proses lelang menggunakan PT Surtini.

 

You might also like
Comments
Loading...