Kanwil Kemenkumhan Banten Gelar Bimtek Aplikasi Standar Pengelolaan Dokumentasi Informasi

Serang, ( 21/06/2019)- Satubanten.com – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten melalui Bidang Hukum menggelar kegiatan Bimbingan Teknis aplikasi standar pengelolaan dokumentasi dan informasi hukum ILDIS (Indonesia Legal Documentation and Information System) dan pengintegrasian aplikasi JDIHN (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional ) dengan pengelola JDIH.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Divisi Keimigrasian Martahan Hutapean yang mewakili Kepala Kantor Wilayah.

Turut hadir pada kegiatan ini pejabat struktural dan pegawai bidang Hukum. Peserta kegiatan terdiri dari perwakilan biro Hukum Provinsi, Kabupaten, dan Kota, Diskominfo Provinsi, Kabupaten, dan Kota, serta perwakilan dari Universitas se-wilayah Provinsi Banten. Kegiatan dilaksanakan di Aula Batu Kuwung Hotel Le Dian Kota serang, Jumat ( 21/06).

Narasumber pada kegiatan ini Kepala Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional, Yasmon dengan memberikan materi terkait “Pengenalan JDIHN”, Kepala Sub Bidang Digitalisasi Dokumen Hukum Pusat Dokumentasi dan Jaringan Informasi Hukum Nasional Diden Priya Utama dengan memberikan materi “ Pengintegrasian Aplikasi JDIHN dengan aplikasi ILDIS “, dan yang terakhir Kepala Bidang Aplikasi Informatikan dan Komunikasi Publik Aman Herawan Budhi dari Dinas Komunikasi Informatika, Statistika dan Persandian Provinsi Banten memberikan materi terkait “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pengelolaan Dokumentasi Hukum.“

Kegiatan di lanjut dengan pengintegrasian aplikasi JDIH yang ada pada instansi pemerintah se wilayah Provinsi Banten dengan wbsitr JDIHN sebgai pelayanan informasi hukum yang ada di Indonesai. Baru hanya beberapa wilayah yang sudah terintegrasi dengan aplikasi JDIHN, dikarenakan tedapat masalah diantara nya terkait query dengan database hingga konfigurasi pada CPanel nya. ” BPHN sudah menyiapakn aplikasi ILDIS yang merupakan aplikasi untuk JDIH yang standar.

Jika memang ada instasi yang belum membuat aplikasi JDIH bisa menggunakan aplikas ILDIS dan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan. (Sbs/011/Rls)

You might also like
Comments
Loading...