Kanwil Kemenkumham Banten Selenggarakan Sosialisasi Layanan Kenotariatan

Tangerang, (28/08/2019)- Satubanten.com-  Dalam rangka memberikan pemahaman mengenai kenotariatan kepada masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang, Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten menyelenggarakan Sosialisasi Layanan Kenotariatan. Kegiatan yang bertujuan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik dan keterbukaan informasi kepada masyarakat ini, dilaksanakan di Aula Kantor Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Rabu (28/08).

Hadir sebagai narasumber pada kegiatan ini adalah Kepala Kantor Wilayah Imam Suyudi, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sri Kurniati Handayani Pane serta dari Pengurus Daerah Ikatan Notaris Indonesia Kabupaten Tangerang Asep Heryanto.

Imam Suyudi memberikan penjelasan tentang tugas dan fungsi dari Kemenkumham, baik unit-unit utama maupun kantor wilayah, khususnya mengenai layanan jasa hukum Kemenkumham yang berkaitan dengan kenotariatan.

“Dalam rangka mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik serta untuk mewujudkan keterbukaan informasi kepada masyarakat, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia melalui Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum telah menyediakan layanan jasa hukum secara elektronis dengan menghadirkan birokrasi digital melalui AHU online dimana aplikasi ini dapat diakses oleh masyarakat melalui jasa notaris, meliputi pengesahan badan hukum, pendaftaran Jaminan Fidusia, dan lain-lain,” ucap Imam.

Pada kesempatan lain, Sri Kurniati menjelaskan mengenai pembinaan dan pengawasan notaris, sementara Asep Heryanto selaku Notaris menyampaikan informasi mengenai tugas dan kewenangan notaris.

Melalui sosialisasi ini diharapkan para peserta dapat lebih memahami dan mengerti akan peran notaris tengah-tengah masyarakat serta tugas dan kewenangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. (Sbs/011/Rls)

You might also like
Comments
Loading...