Kanwil Kemenkumham Banten Selenggarakan Kegiatan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Peduli HAM

Serang, (27/08/2019)- Satubanten.com-  Dalam rangka mengembangkan sinergitas satuan kerja perangkat daerah dan instansi vertikal didaerah guna mewujudkan penegakan dan pemajuan HAM, pada hari ini Selasa (27/08) Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Banten menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Peduli HAM.

Bertempat di Aula Lantai III Kanwil Kemenkumham Banten, kegiatan ini diikuti sebanyak 30 orang peserta dari SKPD 8 Kabupaten/Kota Provinsi Banten yakni Kota Serang, Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang, Kabupaten Serang dan Kabupaten Pandeglang.Tampak hadir dalam acara ini para pimpinan tinggi pratama dan pejabat struktural di lingkungan Kanwil Kemenkumham Banten.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Kantor Wilayah, Imam Suyudi. Dalam sambutannya, Imam Suyudi menyampaikan bahwa Rapat Koordinasi Kabupaten/Kota Peduli HAM ini merupakan salah satu upaya dalam pencapaian penyusunan, pemantauan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan Rencana Aksi HAM (RANHAM).

Perlindungan dan pemenuhan HAM bagi daerah dapat terwujud apabila daerah konsisten dan peduli terhadap perlindungan dan pemenuhan HAM yang menjadi dasar untuk penilaian Kabupaten/Kota peduli HAM sebagaimana yang telah diatur dalam Permenkumham Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kriteria Kabupaten/Kota Peduli HAM.

“Dalam pelaksanaan proses penilaian Kabupaten/Kota Peduli HAM (KKP HAM), Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten berusaha keras untuk mengatasi berbagai masalah dalam memfasilitasi Kabupaten/Kota untuk memenuhi persyaratan yang ditentukan dan berupaya meningkatkan koordinasi dengan Direktorat Jenderal HAM sehingga diharapkan di tahun 2019 ini, 8 (delapan) Kabupten/Kota Provinsi Banten dapat meraih kembali penghargaan yang telah menjadi program pemerintah pusat ini,” tutup Imam.

Kegiatan ini berjalan dengan metode diskusi interaktif yang dipandu langsung oleh Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sri Kurniati Handayani Pane selaku moderator dengan narasumber Kepala Sub Direktorat Kerjasama Dalam Negeri dan RANHAM Wilayah II Ditjen HAM, Sofia Alatas. (Sbs/011/Rls)

You might also like
Comments
Loading...