Kamu Sering Malas Baca Buku? Ini 5 Tips yang Harus Kamu Coba Lakukan

Oleh: Arif Rohmatullah, Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah di UIN SMH Banten

OPINI (14/02/2020) SatuBanten.com – Membaca buku merupakan hal yang sangat membosankan menurut sebagian orang apalagi buku pelajaran sekolah atau mata kuliah. Namun perlu teman-teman ketahui manfaat membaca buku sungguh sangat banyak. Bahkan ayat Al-Qur’an yang pertama turunpun adalah perintah untuk membaca.

Nah, berikut ini 5 hal yang harus kamu lakukan agar kamu tidak malas membaca buku lagi, bahkan bisa menjadi kebiasaan dalam hidup mu. Mari simak ulasan berikut ini!

Mencari Tempat Yang Nyaman


Membaca buku perlu tempat yang nyaman, agar sesuatu yang kamu baca dapat di cerna dengan mudah. Biasanya kenyamaanan dalam membaca dapat membuat semangat mu semakin meningkat. Kamu dapat menemukan kenyamanaan itu dengan sesuatu yang kamu sukai. Misalnya kamu suka dengerin musik, maka kamu harus coba baca sambil dengerin musik di kafe atau kamu suka tempat yang sunyi, maka kamu harus coba baca di tempat sunyi tanpa ada seseorang pun yang ganggu kamu atau bahkan kamu senang nongkrong di warug kopi. So, bagi kamu yang ingin baca buku agar lebih menyenangkan maka kamu harus mencari tempat yang bisa buat kamu nyaman.

Bergabung Dengan Komunitas Baca

Bagi kamu yang masih terus-terusan males baca buku, tapi ada keinginan buat meningkatkan semangat membaca. Nah, mending kamu gabung sama komunitas baca. Selain kamu dapat semangat dari teman-teman di komunitas buat baca buku, kamu juga bakalan dapat relasi yang banyak atau mungkin kamu dapet doi  di komuntas tersebut. yang bisa jadi bikin kamu tambah semangat bacanya dua kali lipat.

Membuat Schedule/ Target Baca

biar kamu enggak labil dalam baca buku yang kadang semangat dan kadang juga banyak malesnya lebih baik kamu bikin scedule membaca. Hal ini dapat membuat kamu semakin terarah untuk membaca, dan juga jangan lupa pilih waktu-waktu yang terbaik atau ketika mood mu sedang bagus. Misalnya kamu bikin waktu membaca sebelum tidur atau pas lagi santai sambil ngopi didepan rumah.

Ikuti Setiap Forum Diskusi

Kamu pernah ngga sih pas diskusi sama teman-teman atau organisasi kamu sering diem aja atau bengong sambil dengerin teman goceh. Padahal diskusikan tempat buat kamu berbicara menyampaikan pendapat atau kritik. Nah hal seperti ini biasanya disebabkan karena kamu kurang baca. Kenapa kamu harus sering ikut diskusi, jawabannya simpel, biar kamu malu kalo pas diskusi diam-diam aja. Sehingga dari rasa malu kamu akan tertarik buat membaca meskipun terpaksa dan lama-lama pun akan terbiasa.

Sering-sering Datang Ke Perpustakaan

Meskipun kamu masih sering males baca buku, tapi jangan lupa tetap sering-sering datang ke perpus. Entah itu buat ngobrol atau biar kelihatan kaya orang kutu buku. nanti lama kelamaan juga kamu akan seneng baca buku kalo sering ke perpustakaan yang banyak orang baca buku dsitu. Kaya pepatah yang bilang kalo kamu masuk ke toko parfrum, pas keluar kamu bakal ketempelan parfumnya. Nah, datang keperpustakaan juga kaya gitu guys.

Itulah tips-tips buat kamu biar ngga males baca buku lagi, semoga bermanfaat. Mari mulai dari sekarang kamu sering-sering baca buku, apalagi kalo kamu pelajar atau mahasiswa. (RR/SBS31)

Comments
Loading...