Kamu Pernah Merasakan Malas Belajar? Begini Tips Atasi Rasa Malas

Oleh : Aldi Reihan, Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

OPINI (03/11/2019) SatuBanten. News – Pasti semua orang merasakan di posisi itu. Malas itu adalah sesuatu yang wajar, setiap orang akan merasakan rasa malas. pertanyaannya adalah apa yang kamu lakukan saat malas dalam belajar?

Berikut akan trik seputar cara untuk membangkitkan semangat dalam belajar:

1. Ingat kembali mimpi yang ingin anda capai. Saat kamu merasakan malas, coba ingat kembali apa mimpi yang ingin kamu raih di awal. Jangan sampai rasa malas menggagalkan impian yang ingin kamu raih. Jadikan mimpi itu sebagai target yang ingin kamu raih.

2. Ingat bagaimana perjuangan orang tua untuk menyekolahkanmu.
Orang tua ingin melihat anaknya sukses dan menaikan derajat orang tua. Mereka rela banting tulang agar bisa mencari rezeki untuk kamu agar bisa sekolah. Lantas kamu masih bermalas-malasan? Coba bayangkan bagaimana lelahnya mereka, apakah kamu pernah bertanya kepada mereka tentang bagaimana perjuangan mereka mencari uang? Jika tidak, silakan tanya dan dengarkan cerita mereka.

3. Keluar dari zona nyaman, seseorang merasa melakukan kesalahan dan malas untuk bangkit ? Kenapa? Karena kamu berada di zona nyaman. Padahal kamu sadar bahwa zona itu adalah zona yang salah. Ingin keluar dari zona itu tapi kamu merasa sulit.
Lantas apa yang harus kamu lakukan? Mencoba perlahan keluar dari zona itu dengan melakukan aktivitas yang menurutmu baik secara perlahan hingga akhirnya terbentuk menjadi kebiasaan.

4. Diskusi atau ngobrol santai dengan orang orang yang memiliki semangat, jika kamu merasa malas atau lelah dalam belajar, cobalah ngobrol dengan temanmu yang memiliki semangat belajar. Sharing dengan mereka tentang bagaimana cara bangkit dari rasa malas.

5. Memiliki motivasi, dalam buku psikologi pendidikan karya Drs. M Ngalim Purwanto. MP. Motivasi merupakan pendorong bagi perbuatan seseorang. Ia menyangkut soal mengapa seseorang berbuat demikian. Untuk mencari jawaban pertanyaan tersebut, mungkin kita harus mencari pada apa yang mendorongnya (dari dalam) dan atau pada perangsang atau stimulus (dari luar).

Setiap orang memiliki cara masing masing untuk bangkit dari rasa malas, semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Selamat Mencoba!!! (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...