Kamu Anak Milenial? Perhatikan Ini Ketika Bermedsos

Oleh : Suhenda (Ketua Departemen Humas KAMMI Lebak)

Serang (01/10/2019) SatuBanten. News – Anak Milenial!. Itulah ungkapan yang diberikan pada anak-anak yang sedang populer saat ini. Kecanggihan tekhnologi terutama di ranah media sosial sudah memasuki dunia anak. Anak seakan terbiasa menggunakan media sosial tanpa ada pengawasan dari orang tua. Anak dan remaja menggunakan media sosial untuk menunjukkan eksistensi dirinya. Media sosial menjadi sarana bagi anak dan remaja menghabiskan waktu baik itu untuk bermain, bersosialisasi dan lainnya agar terlihat keren.

Begitulah kondisi anak dan remaja saat ini dalam menggunakan media sosial. Bagi kebanyakan anak dan remaja media sosial merupakan area untuk bersosialisasi semua teman mereka yang ada di media sosial. Maka, anak dan remaja harus memperhatikan beberapa hal untuk menjaga keselamatan mereka di dunia maya. Berikut adalah tips bermedsos untuk anak dan remaja:

  1. Setiap platform media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan maka pelajari dengan seksama.

Pelajari setiap media sosial yang akan kamu gunakan. Karena setiap platform media sosial itu berbeda. Jika kamu tidak mengetahui cara penggunaannya maka akan merugikan kamu sendiri. Pelajari setiap fungsi dari masing-masing media sosial yang akan kamu gunakan agar tidak merugikan diri kamu sendiri.

  1. Nama akun pastikan tidak terlalu banyak memberikan informasi

Ketika kamu akan membuat akun  media sosial pastikan tidak terlalu banyak memberikan informasi. Jika kamu memberikan seluruh informasi tentang diri kamu maka orang lain pun akan sangat mudah untuk mengetahui identitas diri kamu.

  1. Simpan informasi pribadi untuk diri sendiri

lebih enak rasanya jika informasi yang berkaitan dengan diri sendiri itu disimpan dengan baik tanpa harus diketahui oleh orang lain. Hal ini dilakukan agar orang lain tidak mudah untuk mengetahui informasi-informasi pribadi kita.

  1. Hati-hati dengan apa yang kamu posting

Platform media sosial punya layanan privasi. Pastikan hanya orang-orang yang kamu percaya yang dapat mengakses semua hal yang kamu posting.

  1. Hati-hati bercakap-cakap intim dengan orang asing

Tidak semua yang kita lihat dan kita ketahui dari internet adalah hal nyata. Banyak sekali akun palsu yang digunakan untuk hal-hal yang tidak baik. Maka kamu harus berhati-hati.

  1. Waspada ketika posting foto

Baik kamu yang suka posting foto di media sosial, berhati-hati lah. Laporkan jika ada hal-hal yang mengancam dan membahayakan keselamatan pada orang tua atau guru.

  1. Tulis hanya yang baik

Jika kamu ingin mengupdate status di media sosial tulis yang baik-baik saja. Tulisan dapat menyakiti dan mengancam pembanca. Informasi yang sudah ditulis di media sosial tidak dapat di hapus. Orang selalu melacak jejaknya.

  1. Berbagi informasi yang terasa nyaman untuk dilihat dan diketahui

Mungkin teman di media sosial adalah orang yang kita kenal di dunia nyata seperti orang tua, guru, teman, dan saudara-saudara kita akan melihat semua informasi yang kita bagikan di media sosial. Maka berbagilah informasi yang bisa membuat orang lain nyaman ketika membacanya.

  1. Waspadai orang asing yang mengajak bertemu

Jika ada orang asing di media sosial mengajak bertemu, maka informasikan pada orang dewasa jika akhirnya memutuskan untuk bertemu – jangan sendirian.

Itulah tips bersosmed untuk anak dan remaja. Semoga tips ini bisa bermanfaat. Bagi kamu para remaja dan anak, gunakanlah media sosial yang kamu punya untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat. (RR/SBS31)

You might also like
Comments
Loading...