Kampung Tangguh Nusantara Harus Jadi Contoh Desa Lainnya Di Pandeglang

Pandeglang, (08/07/2021) – Satubanten.com- Kampung Tangguh Nusantara yang ada di dua Desa yakni Bandung Kecamatan Banjar dan Desa Banjarsari Kecamatan Kaduhejo bisa menjadi percontohan untuk desa lainnya yang ada di Pandeglang. “Kami ucapkan terimakasih kepada masyarakat disini yang sudah berpartisipasi aktif dalam penerapan protokol kesehatan untuk memutus penyebaran covid 19,” demikian dikatakan Bupati Irna Narulita saat meresmikan kampung tangguh Nusantara Maung, Kamis (8/7/2021).

Dikatakan Bupati Irna, penerapan prokes disini (kampung tangguh) cukup baik. Kata Irna, yang berkaitan penanganan covid 19 sudah lengkap. “Poskamling, Rumah Isolasi, hingga tata cara pemulasaran sudah tepat,” ujarnya.

Terkait pemulasaran pasien covid 19, Bupati Irna sangat respon sebab tatacaranya sudah dipadukan dengan sariah islam. “Ini yang mengerjakannya masyarakat yang sudah mendapatkan pendampingan dari tim satgas covid 19, ini dapat dilakukan diwilayah lainnya,” pungkasnya.

Sementata Kapolres Pandeglang AKBP Hamam Wahyudi mengatakan, pihaknya merasa bangga dengan apa yang disajikan di Kampung Tangguh Nusantara. “Kampung Cileuksa Desa Bandung adalah kampung yang tangguh, karena masyarakatnya yang berperan membuat kampung jadi tangguh,” katanya.

Dikatakaan Kapolres, masyarakat disini sangat disiplin prokes sehingga tidak ada yang terkonfirmasi kasus covid 19. “Mari kita bahu membahu membangun kampung ini. Pesan saya pertahankan kondisi saat ini, jaga soliditas, tingkatkan kreatifitas dan ekonomi,” pungkasnya.

Terkait pemulasaran, Ustad Ali Haerudin yang melakukan simulasi tatacata pemulasaran pasien covid 19 mengatakan, sebelum dikebumikan jenazah akan disemprot, dimandikan, dibungkus kain kafan, dimasukan ke kantung jenazah, dan dimasukan kedalam peti mati. “Kita sesuaikan dengan sareat islam, saat dimasukan ke peti mati kita hadapkan kearah kiblat lalu disolatkan setelah itu dibungkus kembali dengan pelastik lalu dikebumikan,” jelasnya.

“Alhamdulillah di daerah kami hingga saat ini tidak ada yang terkonfirmasi positif, semoga ini terus kita jaga bersama,”pungkanya.(Sbs11/ICUM)

You might also like
Comments
Loading...