Kampung Selfi Walantaka, Destinasi Wisata Baru Kaum Milenial

Serang, (27/8/2019) Satubanten.com –  Warga di Jalan Ciruas Walantaka KM. 02, Lingkungan Pipitan RT 04/02 Kelurahan Pipitan Kecamatan Walantaka, Kota Serang telah mengubah kampungnya menjadi salah satu tempat wisata yang dinamakan Kampung Selfi.

Atas inisiasi warga dan secara swadaya, masyarakat Kampung Selfi bergotong royong untuk membuat sesuatu yang bermanfaat bagi seluruh masyarakatnya. Mulai dari warga, hingga pemerintahnya. Sehingga kedepan kampung ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata di Banten, khususnya Kota Serang.

“Kami berbuat ini untuk lingkungan, masyarakat dan membantu pemerintah. Kemudian, kami juga membantu dalam pembangunan Kota Serang, terutama bidang pariwisata,” kata Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kreatif Pipitan Akhyadi.

Untuk saat ini, kata dia, pemerintah, baik dari Provinsi Banten maupun Kota Serang belum ada yang memberikan bantuan material.  Sehingga pembangunannya masih swadaya masyarakat saja, semampu dan sebisa mereka. Meski belum maksimal, kampung ini juga cukup banyak dikunjungi oleh muda-mudi.

“Selama ini kami membangun dan merawatnya hanya mengandalkan dari isi kotak pengunjung yang berkunjung. Jadi ini atas swadaya masyarakat dan pribadi. Makanya kami kalau ingin membangun itu harus menunggu tangan dermawan dulu baru kami bisa membangun,” katanya.

Namun, setelah ia bersama warga lainnya membentuk Pokdarwis, baru Pemerintah Kota (Pemkot) Serang melalui Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) memberikan bantuan berupa pembinaan untuk pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Sedangkan perawatan dan pembangunan belum ada.

“Alhamdulillah setelah kami membentuk pokdarwis mulai ada perhatian dari Pemkot Serang. Kami  dibantu dalam pengembangan SDM-nya. Tapi semoga di tahun depan kami mendapat bantuan pembangunan atau sarana dan prasarana untuk menunjang Kampung Selfi yang kami rintis,” ucapnya.

Sementara, Kepala Seksi (Kasi) Ekonomi Kreatif Disparpora Kota Serang Eka Purwanti mengatakan, Pokdarwis di kampung tersebut baru terbentuk. “Iya, itu pembentukan Pokdarwis juga masih baru, dan baru enam bulan ini kabarnya Kampung Selfi itu dibuat. Kemarin tim destinasi yang kesana,” ujarnya.

Kampung Selfi juga nantinya akan menjadi salah satu alternatif destinasi wisata baru di Kota Serang. Namun harus ada pembenahan terlebih dahulu. Memang, kata dia, belum ada bantuan dari pemerintah. Akan tetapi pihaknya akan mengusulkanny, karena perawatan sangatlah perlu.

“Iya diharapkan bisa menjadi alternatif untuk destinasi wisata baru ya kemudian harus dilakukan pembenahan terlebih dahulu. Tapi kalau menunggu dari pemerintah agak lama prosedurnya. Jadi bisa dari CSR, seperti pabrik cat, bank atau lainnya. Kami juga nanti akan arahkan, itu kan sudah tugas dan kewajiban kami,” katanya. (SBS)

You might also like
Comments
Loading...