Kalahkan Inggris, Italia Juara Piala Eropa 2020

London, SatuBanten – Tim Nasional (Timnas) Italia memastikan diri menjadi juara Piala Eropa 2020 usai mengalahkan Timnas Inggris di final pada Senin (12/7/2021) dini hari WIB. Kemenangan Italia itu baru dapat dipastikan melalui babak adu penalti karena di waktu normal hingga babak tambahan, kedua tim bertahan sama kuat 1-1.

Bermain di Stadion Wembley, London, Italia sejatinya bermain baik di menit awal pertandingan final Piala Eropa 2020 tersebut. Namun, Inggris yang mengawali serangan balik setelah sepak pojok Italia langsung bisa membuat gawang Gli Azzurri bergetar.

Berawal dari Kieran Tripper yang memberikan umpan kepada Shaw yang berada di sisi kanan pertahanan Inggris, bola langsung dilepaskan pemain Manchester United itu dengan melewati sisi sempit dari tiang dekat Gianluigi Donnarumma. Gara-gara gol Shaw itulah untuk saat ini Inggris unggul 1-0 atas Italia.

Memasuki babak kedua, Italia masih menjadi tim yang paling mendapatkan peluang menyerang ketimbang Inggris. Melalui Federico Chiesa, sejumlah tendangan hampir saja membuat Italia menyamakan kedudukan.

Untungnya Inggris memiliki kiper andal, yakni Pickford yang beberapa kali melakukan penyelamatan gemilang, terutama dari ancaman Chiesa. Inggris yang semakin digempur membuat pertahanan mereka pada akhirnya jebol juga.

Tepatnya pada menit 67, Italia sukses menyamakan kedudukan melalui aksi gol Leonardo Bonucci. Bek Timnas Italia sukses memanfaatkan kemelut yang berada di depan gawang Inggris. Bonucci yang berdiri bebas langsung menghampiri bola dan menyundul bola.

Awalnya kemelut sendiri terjadi dari tendangan sepak pojok Lorenzo Insigne. Pada saat itu bola mengarah ke Verratti dan sempat diantisipasi Pickford. Namun Bonucci hadir dan menghancurkan keunggulan Inggris. Dengan gol Bonucci itu, maka kini Italia vs Inggris sama kuat sejak menit 67.

Tak lama laga pun berakhir dengan skor masih sama kuat 1-1. Mau tak mau babak penalti harus dimainkan. Pada awal babak tambahan, Italia dan Inggris sama-sama memasukkan pemain baru. Jika Italia menurunkan Manuel Locatelli, maka Inggris memainkan Jack Grealish di awal babak tambahan tersebut.

Pada babak adu penalti, Italia pun menang dengan skor 3-2 atas Inggris. Dua penendang Gli Azzurri gagal memasukkan bola, sementara Inggris justru gagal mencetak tiga gol dari tendangan yang percayakan kepada Marcus Rashford, Jadon Sancho, dan Bukayo Saka.

Berikut Susunan Pemain :
Italia(4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Emerson Palmieri (Alessandro Florenzi 118’); Nicolo Barella (Bryan Cristane 54’), Jorginho, Marco Verratti (Manuel Locatello 96’); Federico Chiesa (Federico Bernardeschi 86’), Ciro Immobile (Domenico Berardi 55’), Lorenzo Insigne.

Cadangan: Sirigu, Meret, Locatelli, Belotti, Berardi, Pessina, Acerbi, Cristante, Bernardeschi, Bastoni, Florenzi, Toloi.

Pelatih: Roberto Mancini

Inggris (3-4-3): Jordan Pickford; Kyle Walker (Jadon Sancho 120’), Harry Maguire, John Stones; Kieran Trippier (Bukayo Saka 71’), Kalvin Phillips, Declan Rice (Jordan Henderson 74’), Luke Shaw; Mason Mount (Jack Grealish 99’), Harry Kane, Raheem Sterling.

Cadangan: Ramsdale, Johnstone, Grealish, Henderson, Rashford, Mings, Coady, Sancho, Calvert-Lewin, James, Saka, Bellingham.

Pelatih: Gareth Southgate.
(***)

You might also like
Comments
Loading...