Kakanwil Kemenkumham Banten Hadiri Kegiatan Penegakan Hukum Terhadap Pemanggilan Notaris Pasca Perubahan UUJN No. 02 Tahun 2014

Tanggerang, ( 04/12/2018 )- SatuBanten.Com-  Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten Sutrisman menghadiri sekaligus membuka secara resmi kegiatan “Penegakan Hukum Terhadap Pemanggilan Notaris Pasca Perubahan UUJN No. 02 Tahun 2014 yang diselenggarakan oleh Ikatan Notaris Indonesia (INI) bertempat di Menara Top Food Alam Sutra Kota Tangerang, Selasa (04/12).

Turut hadir pada kegiatan ini Pengurus Ikatan Notaris Indonesia (INI) pusat, INI Wilayah Banten, INI Kota Tangsel, Majelis Kkehormatan Notaris Wilayah Banten (MKNW), Majelis Pengawas Wilayah (MPW) Notaris Banten, Majelis Pengawas Daerah (MPD) Notaris Kota Tangerang Selatan, dan seluruh peserta Notaris se- Kota Tangerang Selatan.

Dalam paparannya, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Banten Sutrisman menyampaikan beberapa hal penting yang menjadi catatan untuk para Notaris diantaranya:

1) Meningkatnya pengaduan masyarakat yang disampaikan kepada Kementerian Hukum dan HAM maupun MPDN, MPWN, MPPN, terkait perilaku notaris yang menimbulkan permasalahan hukum harus segera ditindaklanjuti dan diselesaikan.

2) Meningkatnya permintaan pemanggilan oleh pihak penyidik kepada MKNW terkait notaris dan produk hukum yang dihasilkan.

Dalam memberikan Jasa Hukum kepada masyarakat, Notaris harus menjalankan profesinya dengan baik dan benar sesuai peraturan perundang-undangan dan kode etik.

3) Notaris yang dipanggil oleh pihak kepolisian (penyidik) agar datang memenuhi panggilan apabila mendapatkan persetujuan dari MKNW.

4) Notaris yang hadir memenuhi panggilan dari pihak kepolisian (penyidik) bukan berarti telah melakukan pelanggaran atau melawan hukum, melainkan turut membantu proses penyelesaian suatu kasus agar menjadi terang / jelas berdasarkan keterangan yang dimiliki. ( Sbs/011/Rls )

You might also like
Comments
Loading...