Kadispar Banten : Kunjungan Wisata ke Banten Alami Tren Kenaikan

Serang, Satubanten.com – Ditengah resesi ekonomi yang dialami oleh Indonesia dan sebagai upaya pemulihan atau recovery perekonomian dan pariwisata di tengah Pandemi Covid-19, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendorong sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) kembali membangkitkan pertumbuhannya yang mulai melemah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Banten, Eneng Nurcahyanti mengatakan, banyak OPD yang diinstruksikan oleh Gubernur Banten untuk membangkitkan kembali perputaran ekonomi serta pariwisata pada masa new normal.

“Dalam upaya ini Pak Gubernur menginstruksikan sejumlah OPD untuk recovery ekonomi. Seperti Dinas Perdagangan dan Industri, UMK, Dinas Pertanian (Distan), Dinas Ketahanan Pangan (DPK) dan Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten,” ujarnya, setelah membuka acara Capacity Building Economic Outlook 2021, Ekbispar Banten di salah satu hotel di Anyer, Jumat, (6/11/2020).

Khusus untuk Dinas Pariwisata, dia menjelaskan, ditugaskan untuk membantu pemulihan ekonomi dalam sektor pariwisata. “Jadi dukungannya baik dari pemerintah Provinsi mau pun Kementerian Pariwisata dalam rangka penerapan hidup sehat dan bersih. Termasuk juga didalamnya pemulihan sektor pariwisata,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten M Agus Setiawan dalam paparannya mengungkapkan, sejak Agustus hingga Oktober 2020, kunjungan wisata ke Banten menunjukan tren kenaikan.

“Udah ada kenaikan wisatawan yang mulai berkunjung kembali ke Banten. Menurut data yang saya terima, bulan September ada 1,9 juta wisatawan yang datang. Lebih banyak dari bulan Agustus dengan 1,5 juta wisatawan,” jelasnya.

Agus manambahkan, pandemi ini bisa dijadikan momentum untuk terus membangkitkan wisata meskipun saat ini ada protokol kesehatan yang harus dilaksanakan oleh para pelaku wisata.

“Destinasi akan terus kita benahi, SDM nya harus kita dorong, industrinya harus juga kita bina, salah satunya kami telah memberikan sosialisasi mengenai CHSE (Clean, Health, Safety & Environment) kepada para pelaku wisata termasuk hotel. (SBS/02)

You might also like
Comments
Loading...