Kadis DKBP3A Kabupaten Serang Terapkan 4 Pendekatan Untuk Perkuat Keluarga

Serang (26/06/2019), Satubanten.com – Ledakan penduduk sering menjadi permasalahan yang dihadapi oleh pemerintah, terutama pemerintah Kabupaten Serang. Hal ini diungkapkan pula oleh H. Tarkul Wasyit, S.IP., M.Si selaku Kepala Dinas (Kadis) Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Serang. Menurutnya ada perbedaan tupoksi mendasar antara Disdukcapil dan DKBP3A yakni jika Disdukcapil mengurusi dokumen penduduk, maka DKBP3A mengendalikan jumlah penduduknya.

“Setidaknya, Dinas Kami memiliki tugas mengendalikan kependudukan. Kalau Disdukcapil itu mengendalikan dokumennya, kalau kita mengendalikan penduduknya. Jika penduduk Kabupaten Serang tidak dikendalikan maka akan terjadi ledakan penduduk,” kata Tarkul.

Salah satu instrumen yang bisa dimanfaatkan, menurut Tarkul yakni program Keluarga Berencana (KB) yang perlu digalakkan kembali efektifitasnya. Oleh karena itu, dalam momen Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-26 tahun 2019 kali ini, DKBP3A mencoba menjaring potret keluarga berkualitas di kalangan OPD.

“Jadi Kepala OPD itu kita potret, kepala OPD punya anaknya berapa, jarak kelahirannya berapa, kemudian menggunakan alat kontrasespsi apa, ini sedang dipotret oleh panitia. Kemudian setelah kita potret pimpinan OPD nya, lalu kita potret juga (anggiota) OPD nya. Semua pegawai nanti kita akan data supaya terlihat,” imbuhnya.

Tarkul menerangakan bahwa dalam upaya memantapkan 8 fungsi keluarga, setidaknya ada 4 pendekatan yang harus dilakukan. Pertama, yakni pendekatan keluarga berkumpul. Kedua, yakni pendekatan keluarga berinteraksi. Ketiga, yakni pendekatan keluarga berdaya dan keempat yakni pendekatan keluarga berbagi dan peduli.

“Keluarga berkumpul artinya lakukan, bapak ibu dan anak berkumpul paling tidak 5 menit. Sepenuhnya kita berdiskusi dengan anak. Itu pendekatan keluarga berkumpul. Kemudian satu sama lain sebagai keluarga kita harus pandai merasa, bukan merasa pandai,” pungkasnya. (IBC/SBS032)

 

You might also like
Comments
Loading...