Jumlah Jamaah Haji Tahun 2019 di Kabupaten Tangerang Menurun

Tangerang, (20/06/2019)- Satubanten.com-  Jumlah calon jamaah haji di Kabupaten Tangerang mengalami penurunan dari tahun sebelumnya. Berdasarkan data yang dihimpun dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang di tahun 2018 calon jamaah haji berjumlah 2.450 orang, kini di tahun 2019 sebanyak 2.389 jamaah.

Menurut Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang Anas Suandi menuturkan, jumlah calon jamaah haji di tahun ini berdasarkan antusias pendaftar pada beberapa tahun sebelumnya, jumlah ini pun merupakan jumlah calon jamaah terbanyak di Provinsi Banten,” ucapnya, saat ditemui di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tangerang, Kamis (20/06).

“Mereka mulai diberangkatkan pada tanggal 11 Juli 2019 yang akan dilepas langsung oleh Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar. Dari 2.389 jamaah terdiri dari 8 kloter, satu kloter berjumlah 385 jamaah, kemudian dibagi lagi menjadi 9 rombongan dan satu rombongan tetdiri dari 40-50 orang termasuk ketua rombongan,” ujarnya.

Ia menambahkan, setiap kloter akan diawasi oleh tujuh petugas haji yaitu
Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), Paramedis, tiga Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD).

“Persiapan sebelum pemberangkatan yakni mereka harus menyerahkan passport ke pihak penyelenggara, kemudian kita verifikasi setelah itu maka kita kirim passport tersebut ke kedutaan besar Saudi Arabia untuk mendapatkan visa. Kemudian passport langsung diserahkan ke Embarkasi Pondok Gede saat pemberangkatan baru diberikan kepada jam’ah haji. Selain itu mereka juga harus kemudian penyertaan surat kesehatan dari dinas kesehatan,” jelasnya.

Lebih lanjut Anas menjelaskan, ketika di embarkasi tentunya mereka akan disuntik vaksin yang berfungsi untuk menangkal penyakit yang ada di Saudi Arabia. Jamaah haji ketika sudah masuk asrama haji tentunya apapun yang terjadi menjadi tanggung jawab pemerintah.

Untuk diketahui, jamaah haji secara keseluruhan berada diatas usia 50 tahun ke atas dan pemerintah memprioritaskan untuk calon jamaah yang lanjut usia. Adapun pemulangan jamaah haji diperkirakan 14 September 2019.(Sbs/011)

You might also like
Comments
Loading...