Jepang Raih Untung Dari Turunnya Harga Minyak Dunia

Tokyo (26/12/2014), SatuBanten – Terus merosotnya harga minyak dunia, memberi berkah tersendiri bagi Jepang. Gubernur Bank of Japan (BOJ) Haruhiko Kuroda mengatakan bahwa penurunan harga minyak mentah dunia memberikan manfaat yang besar bagi perekonomian Jepang.

“Jepang, negara dengan komoditas impor mendapat manfaat besar dari penurunan harga minyak mentah, terutama bila hal itu disebabkan oleh faktor persediaan, seperti yang terjadi sekarang,” kata Kuroda.

Dilansir dari Reuters, Jumat (26/12/2014), kemerosotan harga minyak global telah menciptakan kekhawatiran bagi beberapa negara. Lain halnya bagi bank sentral Jepang dengan menggerakkan inflasi konsumennya, yang jatuh ke 0,9 persen. Sehingga, target inflasi 2 persen yang dicanangkan BOJ masih jauh dari kenyataan.

Sebelumnya, BOJ telah memperluas stimulus moneter pada bulan Oktober untuk mencegah kemerosotan harga minyak, dan penurunan berikutnya dalam inflasi, dari meredakan ekspektasi inflasi. Namun saat ini, beberapa analis yakin BOJ akan dipaksa untuk memangkas proyeksi harga dan melonggarkan lagi kebijakan moneternya pada bulan Januari, ketika mengeluarkan proyeksi ekonomi dan harga jangka panjang berikutnya.

Kuroda juga mendesak kepada perusahaan untuk menaikkan upah guna membantu memastikan akhir deflasi yang telah mengganggu perekonomian Jepang. “Saya sangat berharap perluasan program stimulus kami akan memiliki efek positif pada negosiasi upah musim semi berikutnya dan kegiatan penetapan harga perusahaan,” ungkapnya. (BSBAhmad/B01)

You might also like
Comments
Loading...