Jelang Subuh, Bayah Dilanda Gempa Tektonik

LEBAK, Satubanten.com — Daerah Lebak kembali dilanda gempa, Kamis (24/07). Gempa tetsebut diperkirakan terjadi pada pukul 04.03 WIB menjelang waktu Subuh.

Menurut keterangan yang dikeluarkab Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah II Tangerang, Gempa tersebut berkekuatan Magnitudo 3.1. Episentrum gempa tersebut berada di titik koordinat 7.46 LS dan 106.01 BT atau sekitar 64 Km arah Barat Daya Bayah.

Jarak episentrum gempa yang relatif jauh dan kekuatan gempa yang juga relatif kecil membuat gempa tersebut tak begitu terasa di permukaan. Selain itu menurut data BMKG kedalaman episentrum gempa juga mencapai 19 Km, sehingga membuat getaran gempa tak signifikan sampai ke permukaan tanah.

BACA JUGA : Kerap Diguncang Gempa, Pemkab Lebak Antisipasi Lokasi Pengungsian Warga

“Wah nggak kerasa apa-apa, malah nggak tahu kalau ada gempa. Soalnta biasanya kalau ada gempa kan pasti kerasa,” kata Johani salah seoranf warga Suwakan.

Gempa yang diperkirakan merupakan akibat dari pergeseran lempeng Indo-Australia tersebut belakangan sering terjadi di daerah Banten terutama Kabupaten Lebak dan Kabupaten Pandeglang. Meski getarannya seringkali relatif kecil, namun beberapa ahli memprediksi akan adanya gempa besar, untuk itu warga dihimbau tetap waspada. (Heri/SBS)

You might also like
Comments
Loading...